ADSENSE

» » Ada Kasus Positif, Irna Minta Camat Terus Lakukan Pendekatan kepada Masyarakat

Bupati Pandeglang, Irna Narulita saat rapat dengan para Camat di Pendopo, Kamis (16/04/2020).
KRAKATAURADIO.COM, PANDEGLANG - Bupati Pandeglang, Irna Narulita mengapresiasi semua Kecamatan yang sudah melakukan tindakan pencegahan virus corona (Covid-19), walaupun anggaran untuk penanganan hal tersebut belum direalisasikan. Kendati demikian, Irna meminta Camat terus melakukan pendekatan kepada masyarakat dari berbagai aspek.

Dikatakan Irna, pendekatan yang dilakukan mulai dari aspek sosial dan aspek keagamaan. Pendekatan tersebut untuk menyampaikan langkah pencegahan Covid-19.

“Kita harus fokus dan serius dalam menangani penyebaran Covid-19 di Pandeglang,” katanya saat rapat dengan seluruh Camat di Pendopo Pandeglang, Kamis (16/04).

Dalam rapat tersebut dijelaskan bagaimana cara penyebaran Covid-19. Irna mengatakan, dengan mengetahui cara penyebaran Covid-19, diharapkan masyarakat agar tidak tertular virus.


Menurut World Health Organization (WHO), cara penyebaran virus corona melalui orang yang telah terinfeksi virus corona. Penyakit dapat menyebar melalui tetesan kecil dari hidung atau mulut ketika seseorang yang terinfeksi virus ini bersin atau batuk.

Ilustrasi penyebaran Covid-19 (cnbcindonesia.com)
Tetesan itu kemudian mendarat di sebuah benda atau permukaan yang lalu disentuh dan orang sehat tersebut menyentuh mata, hidung atau mulut mereka.

Virus corona juga bisa menyebar ketika tetesan kecil itu dihirup oleh seseorang ketika berdekatan dengan yang terinfeksi corona.

“Itu sebabnya penting untuk menjaga jarak 1 meter lebih dari orang yang sakit. Hingga kini belum ada penelitian yang menyatakan virus corona COVID-19 bisa menular melalui udara,” jelas WHO seperti dikutip dari situsnya.

WHO menambahkan, gejala Covid-19 yang paling umum adalah demam, kelelahan, dan batuk kering. Beberapa pasien mungkin mengalami sakit dan nyeri, hidung tersumbat, pilek, sakit tenggorokan atau diare. Gejala-gejala ini bersifat ringan dan terjadi secara bertahap.

Namun, beberapa orang yang terinfeksi tetapi tidak menunjukkan gejala apa pun dan tak merasa tidak enak badan. Kebanyakan orang (sekitar 80%) pulih dari penyakit tanpa perlu perawatan khusus. Sekitar 1 dari setiap 6 orang yang mendapatkan Covid-19 sakit parah dan mengalami kesulitan bernapas.

Orang yang lebih tua, dan mereka yang memiliki masalah medis seperti tekanan darah tinggi, masalah jantung atau diabetes, lebih mungkin terkena penyakit serius. Orang dengan demam, batuk dan kesulitan bernapas harus mendapat perhatian medis.

Jadi mengetahui cara penyebaran virus corona Covid-19 perlu diketahui agar masyarakat tidak tertular virus yang hingga kini belum ditemukan obatnya ini.


Sekretaris Daerah (Sekda) Pandeglang, Pery Hasanudin mengatakan, para Camat harus memahami tugas dalam Tim Pencegahan Covid-19.

“Aplikasikan dan laksanakan, serta teruskan secara berjenjang ke bawah hingga ke tingkat desa. Jangan sampai realisasi di lapangan kurang,” ujarnya.

Ditempat yang sama, Camat Cikedal Deni Kurnia mengaku merasa terbantu dengan adanya edukasi terkait penyebaran Covid-19. Menurut dia, kini ia bisa memberikan gambaran ke masyarakat untuk dapat melakukan pencegahan.

“Dengan adanya penjelasan ini kami bisa mengedukasi kepada masyarakat,” katanya. (Mudofar)

About 93,7 Krakatau Radio

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply