Cegah Penyebaran Covid-19 Menghadapi Musim Mudik, Pandeglang Perketat Perbatasan

Pemeriksaan suhu tubuh di jalur perbatasan Pandeglang, Senin (04/05/2020).
KRAKATAURADIO.COM, PANDEGLANG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang kini lebih memperketat akses keluar masuk ke daerah berjuluk ‘Kota Sejuta Santri Seribu Ulama’. Hal ini dilakukan dalam upaya mencegah penyebaran virus corona (Covid-19) dan dalam rangka mendekati musim mudik 2020.

Bupati Pandeglang, Irna Narulita meminta agar memperketat akses perbatasan wilayah dengan mendirikan beberapa posko pemeriksaan bagi warga yang keluar masuk wilayah Kabupaten Pandeglang, hal tersebut bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona.

“Dampak dari penyebaran Covid-19 ini sangat berbahaya sekali bagi kita. Oleh karena itu pemerintah pusat, provinsi dan pemerintah daerah berkali–kali mengingatkan agar masyarakat menuruti imbauan supaya kami (Pemerintah-red) bisa secepatnya menangani Covid-19 dengan tuntas,” kata Irna saat meninjau posko check point di Gayam, Cadasari, Senin (04/05).

Menurut Irna, jika masyarakat mengabaikan atau tidak menuruti imbauan dari Pemerintah justru penanganan Covid-19 ini tidak akan pernah selesai. Penyebaran wabah berkepanjangan, tambah dia, tentunya akan mengganggu kondusifitas daerah, ekonomi, sosial dan lain sebagainya.

Maka dari itu, lanjut dia, pemerintah daerah terus berupaya menangani pencegahan Covid-19. Untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona tersebut dibutuhkan kesadaran warga agar bisa mentaati apa yang di himbau oleh pemerintah.

“Saat ini Pemkab Pandeglang bersama jajaran Polri, TNI serta unsur terkait akat memperketat masuk dan keluar wilayah Pandeglang. Hal ini kami lakukan sebagai upaya mencegah perluasan penyebaran Covid-19 dalam menghadapi musim mudik,” tuturnya.

Sementara itu Kapolsek Cadasari, AKP Lutfi Pamimi Napitulu mengatakan, petugas gabungan melakukan pemeriksaan terhadap kendaraan yang keluar masuk Pandeglang baik roda dua maupun roda empat.

Pemeriksaan itu, kata dia, mulai dari tes kesehatan dan cek suhu badan. Apabila ditemukan adanya warga yang suhu badan tinggi, akan ditindaklanjuti untuk dilakukan pelayanan kesehatan yang lebih berkala.

“Petugas gabungan ini terdiri dari kepolisian, TNI, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Satuan Polisi Pamong Praja dan instansi vertikal lainya. Pada masa pandemi corona pemeriksaan akan lebih diperketat,” kata dia.

Masih kata Lutfi, meski sudah ada larangan untuk tidak mudik, akan tetapi tidak menutup kemungkinan ada saja pemudik yang nekat datang ke Pandeglang.

“Oleh karena itu kami akan perketat akses keluar masuk wilayah Pandeglang,” pungkasnya. (Mudofar)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.