Mengenal 4 Gunung Bersejarah yang Jadi Tempat Dakwah Nabi Muhammad SAW






1. Jabal NurGunung yang berjarak 7 kilometer dari Masjidil Haram ini menjadi salah satu tempat paling istimewa dan sering dikunjungi di Kota Makkah. Di Jabal Nur terdapat sebuah gua kecil bernama Gua Hira, yang dipercaya umat Muslim sebagai tempat Nabi Muhammad SAW menerima wahyu pertama dari Allah melalui Malaikat Jibril.
Jabal Nur merupakan salah satu destinasi yang wajib dikunjungi saat pergi beribadah umrah atau haji.
"Selain Jabal Nur, Jabal Uhud, Jabal Rahmah, dan Jabal Tsur adalah tempat yang pernah menjadi tempat nabi berdakwah

Bagi kamu yang berkesempatan mengunjungi Jabal Nur, cobalah mendaki hingga puncak gunung. Dengan waktu tempuh kurang lebih satu jam, kamu dapat melihat pemandangan indah dari kota Makkah secara keseluruhan. Pemandangan paling indah dapat kamu temui ketika menjelang Maghrib.

2. Jabal Rahmah

Jabal Rahmah merupakan gunung yang terletak di bagian timur Padang Arafah di Makkah. Di sinilah tempat pertama kali Adam dan Hawa bertemu dan diturunkan oleh Allah ke muka bumi.
Memiliki ketinggian sekitar 70 meter membuat Jabal Rahmah menjadi salah satu gunung yang mudah dicapai, karena hanya memerlukan waktu sekitar 15 menit untuk mencapai puncaknya. Di Jabal Rahmah juga terdapat sebuah monumen yang terbuat dari beton persegi empat dengan lebar kurang lebih 1,8 meter dan tingginya 8 meter.

3. Jabal Uhud

Terletak di Kota Madinah, Jabal Uhud menjadi salah satu gunung yang dijanjikan kelak ada di surga. Gunung ini juga menjadi tempat wajib yang dikunjungi saat umat Muslim menjalankan ibadah haji.
"Jika kita hendak melihat bukit yang terdapat di surga, maka ziarahlah ke Bukit Uhud. Nabi Muhammad SAW bersabda, 'Bukit Uhud ialah salah satu dari bukit-bukit yang terdapat di surga'," demikian hadist yang diriwayatkan HR Bukhari.
Jabal Uhud selalu diingat oleh umat Islam, sebab di lembah gunung ini pernah terjadi pertempuran besar antara pejuang Islam dan kaum kafir Quraisy pada 15 Syawal 3 Hijriah (Maret 625 Masehi), yang mengakibatkan 70 pejuang Islam meninggal secara syahid. Ini menjadikan Jabal Uhud tempat pemakaman para pejuang perang tersebut.
4. Jabal Tsur
Berada di selatan Kota Makkah, Jabal Tsur memiliki tinggi 458 meter, dengan tiga puncak yang saling bersambung dan berdekatan. Untuk mencapai puncak gunung, kamu memerlukan waktu sekitar satu jam dengan medan yang cukup terjal dan berbatu.
Ketika berada di puncak gunung, kamu akan menjumpai sebuah gua yang mempunyai dua pintu masuk bernama Gua Tsur. Gua tersebut sangat sempit, bahkan di dalamnya hanya dapat ditempati oleh tiga orang saja.
Dahulu di Gua Tsur, Rasulullah SAW pernah bersembunyi dari kejaran kaum kafir Quraisy saat berhijrah dari Makkah ke Madinah. Saat itu, Rasulullah SAW ditemani oleh Abu Bakar Ash Shidiq.
Di bawah gua terdapat batu besar berbentuk kubah yang dapat dipakai untuk berteduh oleh sekitar 30 orang. Sebagian ahli sejarah memberi nama kubah itu sebagai Qubah Jibril AS.



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.