ADSENSE

» » Gerakan Olahraga yang Aman untuk Ibu Hamil





 Rutin berolahraga selama hamil memiliki banyak manfaat bagi ibu hamil, tak hanya untuk si ibu saja tetapi juga untuk si kecil. Tapi, perlu diperhatikan lagi olahraga apa saja yang aman dan tidak aman dilakukan ketika ibu tengah berbadan dua.

Menurut Head of Medical Kalbe Nutritionals dr Muliaman Mansyur, ibu hamil tetap harus melakukan aktivitas atau bergerak, karena kehamilan adalah kondisi yang normal. Namun, saat masa awal kehamilan pada 4 bulan pertama, kebanyakan wanita hamil cukup berisiko sehingga perlu hati-hati berolahraga.

Adapun beberapa olahraga yang bisa dilakukan saat kehamilan, lanjut dr Muliaman, di antaranya berjalan, seperti saat pagi hari. Berjalan memang salah satu olahraga termudah yang bisa ibu hamil lakukan. Berjalan akan membantu ibu hamil tetap bugar dan fit sepanjang kehamilan. Namun, tentunya lakukan sesuai dengan kemampuan, cukup sekitar 10-15 menit setiap hari. 

Selain berjalan, olahraga berenang juga bisa dilakukan ibu hamil. Selain melatih otot-otot tubuh, berenang juga menyenangkan karena dilakukan di dalam air. Daya apung air pada dasarnya membantu meringankan tubuh, serta menghilangkan tekanan berlebih pada sendi dan otot-otot yang lemah. 

Kemudian, dr Muliaman menyarankan agar ibu hamil melakukan senam zumba yang ringan atau senam khusus kehamilan seperti Prenafit. Senam ini melatih ibu hamil dengan gerakan-gerakan yang ringan untuk persiapan melahirkan. 

Selamat Mencoba !!


About 93,7 Krakatau Radio

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply