ADSENSE

» » Museum Situs Kepurbakalaan Banten


Masih dalam satu wilayah, di depan Keraton Surosowan ada Museum Situs Kepurbakalaan Banten. Di bagian depan museum ada Meriam Ki Amuk yang merupakan pemberian Sultan Trenggana kepada pengusaha Banten baru sebagai tanda penghargaan atas hasil yang telah dicapai. Tradisi lain menyebutkan bahwa meriam ini merupakan hadiah dari Sultan Demak kepada Sultan Maulana sewaktu menikah dengan putrinya. 
Nampaknya, museum ini adalah inti dari semua sejarah yang ada di Banten karena di dalamnya banyak penjelasan sejarah tentang pemugaran Benteng Speelwijk, pemugaran Keraton Kaibon, pemugaran Keraton Surosowan, sejarah Kesultanan Banten, dan sejarah Banten Lama masa awal.
Selain itu, terdapat juga  miniatur kotak galinya juga lho. Ada juga sejarah Debus yang merupakan bagian dari sejarah Banten Lama. Dijelaskan bahwa permainan ini mulai dikenal pada masa pemerintahan Sultan Maulana Hasanuddin. Pada saat itu peranan kesenian tradisional debus adalah sebagai prasarana untuk membangkitkan semangat para pejuang dan Banten dalam melawan penjajah Belanda. 

About 93,7 Krakatau Radio

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply