ADSENSE

» » Memajukan Indonesia melalui Pentas Seni, Itulah Tujuan Erwin Gutawa






Erwin Gutawa mengungkapkan dalam setiap pertunjukan musik bersama Orchestra-nya hampir tidak pernah membawakan lagu barat. Erwin memiliki alasan khusus mengapa hal tersebut dia lakukan selama perjalanan hampir 30 tahun bermusik.

Ia pun mengungkapkan, ketika ada ajakan untuk berkolaborasi dalam pentas musik yang diselenggarakan dalam konteks untuk memajukan Indonesia maka Erwin Gutawa Orchestra akan dengan senang hati berpartisipasi,  Itulah alasan Erwin Gutawa Orchestra dibentuk, yakni untuk memajukan seni musik dan seni budaya Indonesia.


Dalam pentas ini, sejumlah lagu-lagu nasional dibawakan, seperti Indonesia Raya versi full atau 3 stanza untuk menimbulkan rasa kebanggaan dan kecintaan terhadap negeri serta lagu Indonesia Pusaka yang bermakna menceritakan betapa indahnya Indonesia.

Erwin juga mendorong agar musisi Indonesia terus berkarya agar musik Indonesia dapat terus maju, terutama dengan menggali potensi-potensi seni budaya yang dimiliki oleh Bangsa Indonesia. Erwin menyarankan untuk mengamati seni budaya, cara berpikir, cara orang Indonesia berkehidupan, dan kebiasaan orang Indonesia, lalu konversikan hal tersebut menjadi ide.


Namun demikian, Erwin juga tak menyangkal dalam proses menciptakan karya, pasti ada momen seseorang merasa mulai menyerah yang dikatakannya sebagai momen up and down. Menurutnya itu adalah bagian dari dinamika dan rasa optimisme harus tetap jalan.

Terakhir, Erwin optimis musisi Indonesia bisa bersaing dengan musisi dunia. Ia menyebut saat ini adalah kesempatan untuk generasi muda mengeksplor diri karena batasan-batasan sudah tidak ada. Saat ini, orang di seluruh dunia bisa mengeksplor apa saja yang dibuat. Terlebih karena potensi seni budaya Indonesia sangat kuat dan besar.


About 93,7 Krakatau Radio

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply