10 TIPS Menjaga Kesehatan Saat Musim Hujan

 



Tubuh manusia sangatlah sensitif terhadap perubahan suhu, terlebih ketika pergantian musim, dari musim kemarau ke musim penghujan.Kondisi seperti ini seringkali membuat tubuh manusia rentan terserang berbagai penyakit. Hal ini dikarenakan sistem imun dalam tubuh manusia mudah menurun.  Nah, ini kita punya TIPS MENJAGA KESEHATAN SAAT HUJAN .


1. Konsumsi Makanan yang Sehat 

Tubuh terutama di musim hujan membutuhkan ekstra kalori lantaran suhu di luar yang rendah. Selain itu, tubuh membutuhkan asupan untuk melindungi diri dari serangan penyakit. Oleh karena itu, Anda perlu mengonsumsi makanan sehat dan bernutrisi dan kaya akan vitamin agar sistem kekebalan tubuh meningkat.

2. Lebih Banyak Minum Air Putih

Air putih merupakan air yang disarankan oleh para dokter untuk banyak dikonsumsi. selain sehat untuk pencernaan, air putih juga berfungsi untuk detoks atau mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Karena di musim penghujan bakteri dan virus berkembang dengan cepat maka Anda pun harus mengimbanginya dengan mengonsumsi air putih yang banyak. 

3. Kurangi Makan Di Luar

Karena dikhawatirkan makanan di luar kurang sehat maka sebaiknya dikurangi. Dengan Anda makan di rumah setidaknya semua makanan terjamin kebersihannya. 

4. Hindari Menyentuh Wajah 

Tangan menjadi bagian tubuh yang paling rawan terkontaminasi berbagai hal berbahaya sehingga hindari menyentuh wajah karena dikhawatirkan akan menyebabkan infeksi. Biasakan untuk mencuci tangan dengan cairan pembersih. 

5. Tutup Mulut Ketika Bersin

Melalui bersin penyakit bisa menular ke banyak orang sehingga ketika Anda bersin usahakan untuk menutup mulut untuk mengurangi penyebaran penyakit.

6. Konsumsi Makanan dengan Serat Tinggi

Selain makanan sehat, usahakan untuk memakan makanan yang berserat tinggi seperti pisang, wortel, bayam, alpukat masih banyak lainnya. 

7. Gunakan Pakaian Hangat

Musim hujan cuaca akan berubah menjadi lebih dingin sehingga menggunakan pakaian hangat menjadi solusi agar tubuh tidak kedinginan. 

8. Jaga Kebersihan Lingkungan

Ini sangatlah penting karena menyebarnya penyakit juga kebanyakan karena faktor lingkungan yang kurang bersih. Salah satu cara adalah dengan tidak membiarkan sampah berserakan di rumah. 

9. Biasakan Cuci Tangan dengan Sabun

Dalam situasi apapun tangan terlihat kotor atau tidak, usahakan untuk sering cuci tangan dengan sabun untuk menghindari berkembangnya bakteri di tangan Anda. 

10. Selalu Gunakan Pelindung Ketika Terjebak Hujan

Untuk melindungi tubuh Anda dari guyuran hujan maka dengan siap sedia payung atau jas hujan kemanapun pergi adalah hal yang wajib dilakukan. Mengingat seringkali hujan tiba-tiba turun meski cuaca sedang bersahabat sebelumnya.

Menjaga tubuh terlebih ketika musim hujan merupakan hal yang wajib dilakukan. Selain 10 cara untuk menjaga kesehatan saat musim hujan di atas, Anda juga dianjurkan untuk mengonsumsi VITAMIN C atau SUPLEMEN agar sistem imun lebih meningkat.

SEMOGA BERMANFAAT

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.