Wakil Ketua DPRD Ajak Kolaborasi Cendekiawan Kampung Inisiasi Beasiswa SABAR

Wakil Ketua DPRD Pandeglang, Tb. Asep Rafiudin Arief (ketiga dari kanan) bertemu pendiri dan CEO Cendekiawan Kampung, Atih Ardiansyah (keempat dari kanan) di Saung Mantan, Cikupa, Pandeglang, Kamis (12/11/2020).

KRAKATAURADIO.COM, PANDEGLANG - Wakil Ketua DPRD Pandeglang, Tb. Asep Rafiudin Arief, berniat mendirikan beasiswa SABAR (Sahabat Baik Asep Rafie) setelah banyak berdialog dengan Cendekiawan Kampung (CK). Menurut Asep, dalam durasi kurang dari dua tahun, CK sudah berhasil memfasilitasi 28 anak kampung untuk kuliah dengan berbagai skema beasiswa. Hal inilah yang mendorongnya untuk berkolaborasi.

 

“Beasiswa SABAR saya niatkan untuk menjadi kolaborator CK. Kita akan sama-sama siapkan SDM kampung yang unggul agar kampung semakin optimal dalam mendukung program pembangunan pemerintah,” katanya di Saung Mantan, Cikupa, Pandeglang (12/11).

 

Untuk diketahui, Cendekiawan Kampung merupakan exceptional learning community yang didirikan oleh Atih Ardiansyah dan Irma Zakiyah. Dalam durasi kurang dari dua tahun sejak berdiri, CK telah berhasil memfasilitasi 28 anak untuk kuliah dengan berbagai skema beasiswa.

 

Dalam kesempatan tersebut, Asep menjamu empat orang Genius Kampung (awardee beasiswa CK) asal Pandeglang yang akan berangkat ke kampus tujuan. Mereka adalah Roman dari Cibaliung, Titan dari Gardu Tanjak, Enoh dan Atih Dwi dari Cibadak.

 

Turut hadir juga Atih Ardiansyah dan Irma Zakiyah sebagai pendiri dan CEO CK, orang tua penerima manfaat program, dan Direktur Amanah Takaful Jakarta.

 

Lebih lanjut, politisi PKS ini menjelaskan, dalam perjalanannya beasiswa SABAR akan berdampingan dengan program-program CK. Asep menyebut programnya akan meneguhkan apa saja yang selama ini telah dilakukan CK melalui dukungan funding, penambahan mitra strategis, varian skema beasiswa dan sebagainya.

 

“Saya merasa cocok dengan CK karena para penerima manfaatnya dioreintasikan mengambil peran sejak dini di kampung halaman. Itu sekilas sederhana, tetapi bila menyimak presentasi kang Atih kalau jumlah penerima beasiswanya di atas 100 orang, berasal dari 100 atau 50 kampung, kemudian mereka melakukan sesuatu yang konstruktif untuk kampungnya, maka itu bukan lagi hal yang sederhana. Saya tidak ingin ketinggalan proyek baik ini, sehingga beasiswa ini dicetuskan,” terang dia.

 

Beasiswa SABAR sendiri rencananya akan diluncurkan pada pertengahan Desember 2020. Dalam momen itu juga akan dilaksanakan seminar pendidikan dengan menghadirkan pembicara-pembicara yang kompeten di bidang pendidikan, beasiswa, kebijakan dan pengembangan SDM.

 

Ditempat sama, pendiri dan CEO CK, Atih Ardiansyah menyampaikan rasa terimakasih atas kolaborasi yang ditawarkan kepada CK.

 

“Kami dari CK menerima dengan terbuka kolaborasi ini. Insya Allah kerja sama ini akan menguatkan kaki-kaki kita dalam menyiagakan SDM mumpuni buat kampung-kampung di Pandeglang khususnya dan tentu untuk Indonesia,” kata dia.

 

Dia menerangkan, CK diniatkan bukan hanya memfasilitasi beasiswa setelah itu selesai. Akan tetapi, kata dia, program-program pengembangan kampung asal Genius Kampung juga telah dirancang.

 

“Kita siapkan berbagai program di kampung agar adik-adik sejak masih mahasiswa sudah menjadi aktor perubahan di masyarakat. Kita ciptakan ekosistem yang memungkinkan adik-adik mau pulang, tinggal bersama-sama masyarakat, berdaya bersama dengan melanjutkan program yang sudah dirancang sepanjang kuliah,” pungkasnya. (Mudofar)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.