ADSENSE

» » Diguyur Hujan, Pagar Kantor Kepala Desa Kananga Ambruk Akibat Longsor

Pagar kantor Desa Kananga, Kecamatan Menes, Kabupaten Pandeglang, longsor pada Minggu (20/12/2020).

KRAKATAURADIO.COM, MENES - Hujan yang terus mengguyur wilayah Pandeglang mengakibatkan tanah longsor yang terjadi di beberapa titik. Salah satunya membuat pagar Kantor Desa Kananga, Kecamatan Menes, Kabupaten Pandeglang, ambruk pada Minggu (20/12/2020).

 

Dalam peristiwa ini, sekitar 18 meter panjang bangunan pagar Kantor Desa Kananga ambruk terbawa longsor dengan ketinggiaan 5 sampai 7 meter. Selain itu, gedung Kantor Desa pun nyaris ambruk.

 

Kepala Desa (Kades) Kananga, Ofa Sofa Jamzami mengatakan, peristiwa itu terjadi sekitar pukul 05:30 WIB. Pada saat itu, kata dia, curah hujan cukup tinggi sehingga pagar kantor Desa longsor dan ambruk.

 

“Bangunan yang terbawa longsor sepanjang 18 meter. Selain itu halaman kantor juga terbawa longsor, sekarang kondisi gedung kantor ini menghawatirkan,” ujarnya.

 

Ia mengaku, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Namun kerugian diperkirakan mencapai puluhan juta rupiah, karena bangunan pagar kantor rusak dan halaman tergerus longsoran tanah.

 

Pihaknya juga sudah melaporkan kepada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Pandeglang.

 

“Posisi kantor desa memang berada di dataran tinggi. Tidak ada korban jiwa, hanya kerugian materil,” katanya.

 

Seorang staf Pemdes Kananga, Asep Saepulhak mengaku, pihaknya bersama Kades akan meminta permohonan bantuan ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUR) agar dapat dibangun Tembok Penahan Tanah (TPT) maupun bronjong. Sebab jika tidak segera ditangani, dikhawatirkan akan terjadi longsor susulan.

 

“Harus dibronjong supaya ada kekuatan. Kami akan melakukan permohonan ke BPBD dan DPUPR Pandeglang,” pungkasnya. (Mudofar)

About 93,7 Krakatau Radio

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply