ADSENSE

» » Pandeglang Raih Penghargaan Sebagai Kabupaten Sangat Inovatif

Bupati Pandeglang, Irna Narulita menerima penghargaan dari Kemendagri sebagai Kabupaten Sangat Inovatif di Ballroom Sultan Hotel, Jakarta, Jumat (18/12/2020).

KRAKATAURADIO.COM, PANDEGLANG - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) memberikan Penghargaan Innovative Government Award 2020 dengan kategori Sangat Inovatif kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang, Banten. Penghargaan diberikan oleh Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kemendagri, Agus Fatoni di Ballroom Sultan Hotel, Jakarta, Jumat (18/12/2020).

 

Bupati Pandeglang, Irna Narulita yang menerima langsung penghargaan merasa sangat bersyukur dengan raihan tersebut.

 

“Alhamdulilah hari ini kami bersama-sama 131 kabupaten lainnya mendapatkan penghargaan kabupaten sangat inovatif, ini merupakan kerja keras kita semua seluruh OPD dibawah kordinasi Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Pandeglang. Dan dukungan semua pihak, semoga capaian ini dapat kita tingkatkan di tahun depan untuk masuk dalam kategori daerah terinovatif,” ujarnya.

 

Irna mengimbau para Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk bersungguh-sungguh melaksanakan pekerjaan melayani masyarakat agar masa depan Kabupaten Pandeglang lebih baik.

 

Selama ini, lanjut dia, pelayanan yang dilakukan Pemkab Pandeglang sudah menunjukkan keberhasilan dengan mendapatkan penilaian dari pemerintah pusat hingga diraihnya penghargaan kategori Kabupaten Sangat Inovatif.

 

Ditempat sama, Sekretaris Badan Penelitian dan Pengembangan Kemendagri, Kurniasih mengatakan, sesuai dengan peraturan terkait mengamanatkan Kemendagri untuk melakukan penilaian Inovasi Daerah.

 

“Pemberian penghargaan kepada Pemda dengan predikat sangat inovatif berdasarkan pengukuran indeks inovasi daerah tahun 2020, merupakan apresiasi pemerintah terhadap semangat daya dan upaya serta keberhasilan pemda dalam penyelenggaran pemda dengan cara-cara inovatif,” katanya.

 

Lebih lanjut Kurniasih menjelaskan, tahapan-tahapan yang ditempuh untuk menyaring inovasi ini, Kemendagri melalui Balitbang telah melakukan tahapan penjaringan.

 

“Penginputan data Inovasi daerah mulai 14 Mei – 20 September 2020 melalui aplikasi Indeks Inovasi Daerah Kemendagri, dengan tingkat partipasi daerah sebesar 89,3% atau sebanyak 484 daerah yang terdiri dari Pemerintah Provinsi, Kabupaten dan Kota. Dengan hasil inovasi sebanyak 14.897 atau meningkat 85% dibandingkan tahun 2019,” terang dia.

 

Selanjutnya, Kemendagri melakukan tahapan validasi data yang dimulai dari tanggal 22 September sampai dengan 21 Oktober 2020.

 

“Dari hasil validasi kami mendapatkan hasil sebanyak 195 pemerintah daerah dengan predikat sangat inovatif yang terdiri dari 21 provinsi, 131 kabupaten dan 43 kota,” pungkasnya. (Mudofar)

About 93,7 Krakatau Radio

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply