Rumah Singgah Berkah Dipersiapkan Guna Penanganan Masalah Sosial

Peresmian rumah singgah Wisma Berkah di Kampung Kadupereng, Kelurahan Cigadung, Kecamatan Karangtanjung, Kabupaten Pandeglang, Senin (14/12/2020).

KRAKATAURADIO.COM, PANDEGLANG - Permasalahan sosial di Kabupaten Pandeglang belum dapat ditanggulangi dengan baik. Apalagi kini menghadapi pandemi Covid-19, dipastikan akan menimbulkan persoalan sosial baru.

 

Untuk mengatasi hal itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang menyediakan rumah singgah untuk menanganani permasalahan sosial yang terjadi di masyarakat.

 

“Hadirnya rumah singgah ini sebagai salah satu upaya pemerintah membantu masyarakat dalam menyelesaikan permasalahan sosial yang kerap terjadi,” ujar Bupati Pandeglang Irna Narulita saat launching Rumah Singgah Wisma Berkah di Kampung Kadupereng, Kelurahan Cigadung, Kecamatan Karangtanjung, awal pekan ini.

 

Irna berharap, Pandeglang juga mempunyai rumah singgah lainnya untuk di wilayah Banten.

 

“Jika ada masyarakat yang tidak mampu yang harus dirujuk keluar Pandeglang bisa memanfaatkan rumah singgah tersebut,” ujarnya.

 

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Pandeglang, Nuriah mengatakan, rumah singgah ini untuk menanganani permasalahan sosial yang terjadi di masyarakat, diantaranya tempat perlindungan dari berbagai bentuk kekerasan yang kerap menimpa anak maupun permasalahan sosial lainnya.

 

Ia menerangkan, rumah singgah ini merupakan Rencana Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2016-2021. Namun karena pada awal tahun 2020 ada refocusing anggaran, kata dia, maka baru bisa terealisasi saat ini.

 

“Kita ketahui bersama dampak Covid-19 ada refocusing anggaran sehingga baru bisa terlaksana saat ini,” imbuhnya.

 

Dikatakan Nuriah, pembangunan rumah singgah ini menggunakan anggaran Dana Insentif Daerah (DID) dengan anggaran kurang lebih seratus juta. Dari anggaran tersebut sudah berikut fasilitas yang ada, baik itu tempat tidur, sofa maupun AC.

 

“Jadi penanganan Covid-19 ini bukan hanya bansos saja tapi bagaimana resiko sosial dampak Covid juga bisa terselesaikan,” pungkas dia. (Mudofar)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.