Tetap Sehat di Musim Hujan, Ini Kiatnya


   Musim penghujan memiliki daya tarik tersendiri, mulai dari aroma yang khas, udara yang sejuk, kenikmatan yang berlipat dari secangkir teh hangat, dan lain-lain. Namun, di balik itu, musim hujan juga menyimpan sejumlah ancaman bagi kesehatan.

   Pada saat musim hujan, genangan air makin menumpuk sehingga menarik perhatian nyamuk. Kuman pun cenderung bertahan lebih lama dan ‘rajin’ berkembang biak di kondisi lembap ini. Tak heran bila di periode ini penyakit seperti infeksi flu dan kulit makin merajalela.

   Belum lagi jika banjir melanda. Kondisi ini dapat mengundang banyak penyakit, antara lain demam tifoid, kolera, leptospirosis, malaria, dan demam berdarah dengue. Nah, agar tak jadi korban cuaca, Anda harus menjaga kondisi tubuh supaya tetap prima.


1. Jaga Pola Makan

   Agar tubuh tetap sehat saat musim hujan, pastikan untuk selalu mengonsumsi makanan bergizi seimbang. Berikut berbagai makanan sehat saat musim hujan yang perlu Anda konsumsi:

  • Karbohidrat kompleks: nutrisi ini sangat baik dikonsumsi untuk membantu Anda tetap fit. Karbohidrat dapat diperoleh dari nasi merah, kentang, gandum, dll. 
  • Bawang putih dan jahe: makanan yang dapat meningkatkan sistem imun.
  • Sayuran dan buah-buahan: kaya akan nutrisi seperti serat, vitamin, dan mineral sehingga baik untuk dikonsumsi.
  • Makanan yang mengandung probiotik: dapat melindungi tubuh dari infeksi, misalnya tempe, keju dan yoghurt.

2. Lakukan Olahraga

   Hampir semua orang memang jadi mager alias malas bergerak saat hujan datang. Apalagi kalau cuaca betul-betul sedang gloomy, hati pun jadi ikut melankolis. 

 Namun, tahukah Anda, berolahraga pada musim hujan justru akan membuat suasana hati lebih baik? Beraktivitas fisik akan memberikan vitalitas dan meningkatkan endorfin sehingga mood menjadi lebih positif.

 Jika Anda sedang malas ke gym, yoga di rumah juga bisa dilakukan selama Anda melakukan aktivitas fisik atau bergerak.

  3. Tidur yang Cukup
 
   Tips sehat saat musim hujan lainnya adalah tidur. Tidur adalah salah satu solusi praktis (meski sementara) untuk berbagai masalah hidup. Tak terkecuali untuk persoalan hujan yang mengacaukan jadwal kegiatan Anda. Daripada mengeluh di media sosial, lebih baik naik ke kasur dan tidur.

 Lagi pula, tidur berguna untuk memulihkan seluruh sistem anggota tubuh setelah bekerja keras seharian. Hal ini tentunya penting agar tubuh Anda kebal terhadap virus maupun bakteri. Tapi ingat, jangan sampai kebablasan, ya.

4. Rajin Cuci Tangan

   Bakteri dan virus akan lebih tak terkendali saat musim hujan. Anda dapat terpapar melalui berbagai cara, misalnya dengan menyentuh gagang pintu atau bangku yang telah terinfeksi. Ya, semudah itu.

   Cara terbaik untuk melindungi diri Anda dari serangan kuman adalah dengan menjaga  kebersihan diri, seperti mencuci tangan secara teratur dengan sabun dan air. Lakukan ini sebelum menyiapkan makanan, sebelum makan, setelah dari toilet, dan setelah memegang benda-benda yang dipakai bersama.

5. Terapkan Gerakan 4M plus

   Selama musim hujan, genangan air dan sampah akan semakin menumpuk sehingga memicu perkembangbiakan nyamuk Aedes aegypti penyebab demam berdarah. Oleh karena itu, Anda wajib menerapkan gerakan 4M plus sebagai berikut:

  • Menguras dan menutup rapat tempat penampungan air.
  • Mengubur barang bekas yang dapat menampung air.
  • Memantau wadah air yang dapat menjadi sarang nyamuk.
  • Menghindari gigitan nyamuk dengan menggunakan obat anti-nyamuk, memelihara ikan pemakan jentik, memasang kasa anti-nyamuk, menaburkan bubuk larvasida ke dalam tempat penampungan air, dan sebagainya.


  6. Tidak Jajan Sembarangan

   Cuaca yang dingin membuat kita cepat lapar. Hal ini sering membuat kita membeli makanan secara sembarangan dan tidak terjamin kebersihannya. 

   Agar tetap sehat saat musim hujan, sebaiknya hindari membeli makanan di pinggir jalan. Karena percikan air di jalan dapat terkena pada makanan sehingga membuat makanan tersebut tidak bersih lagi.


7. Gunakan Pakaian Hangat

   Tips menjaga kesehatan saat musim hujan selanjutnya adalah gunakan pakaian hangat. Musim hujan membuat badan mudah kedinginan, apalagi saat kehujanan di jalan. Pastikan untuk menggunakan jaket, sweater, baju lengan panjang, dan celana panjang untuk mencegah tubuh jadi menggigil karena kedinginan.


8. Konsumsi Suplemen Tambahan

   Ketika tubuh kurang fit, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi suplemen tambahan agar kebutuhan vitamin dan mineral tercukupi dan sistem imun meningkat. Jika perlu, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen.


9. Dapatkan Vaksinasi

   Musim hujan identik dengan flu. Saat ini, sudah tersedia vaksin flu yang bisa dilakukan setiap tahun agar terhindar dari penyakit flu dan mengurangi tingkat keparahan penyakit. Oleh karena itu, agar tetap sehat saat musim hujan, sebaiknya dapatkan vaksinasi.


10. Kelola Stres dengan Baik

Pekerjaan bisa terganggu atau terhambat saat musim hujan datang. Hal ini tentu saja membuat stres muncul. Ketika stres tubuh mengeluarkan hormon kortisol dan beredar di dalam aliran darah, sehingga daya tahan tubuh dapat menurun dan rentan terhadap penyakit.

Semoga Anda bisa melewati musim hujan dengan lebih santai, tanpa harus diganggu oleh kuman penyakit dan banjir. Lakukan beberapa tips menjaga kesehatan saat musim hujan di atas agar terhindar dari infeksi.

Akan tetapi, jika sudah telanjur, percayalah bahwa teh atau sup hangat tak pernah gagal untuk meneduhkan hati.


 Semoga bermanfaat


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.