ADSENSE

» » 7 Wisata di Banten

      Sejak dahulu, Banten memang sudah dikenal sebagai pelabuhan yang sangat ramai dikunjungi. Tak heran jika perkembangan industrinya pun bisa berkembang dengan sangat pesat. Banten sendiri merupakan provinsi yang terletak di ujung barat Pulau Jawa. Karena lokasinya yang strategis, Banten memiliki pontensi wisata yang tidak kalah dengan kota-kota lainnya.

Berikut adalah tempat wisata yang terdapat di Banten :


1. Pantai Anyer

Pantai yang satu ini sudah sejak dulu menjadi destinasi wisata di Banten yang paling ramai dan populer, terutama bagi warga Jakarta dan sekitarnya. Pantai Anyer memiliki pasir putih yang indah dan menarik, serta ombak yang tenang.

Mengunjungi destinasi objek wisata di Banten satu ini kamu bisa melakukan berbagai aktivitas yang menyenangkan, mulai dari berenang, bermain pasir, berselancar, menyelam, hingga menikmati pemandangan pantai yang begitu cantik. Selain itu, terdapat pula area perkemahan di sekitar Pantai Anyer untuk kamu yang ingin liburan yang lebih dekat dengan alam.



2. Tanjung Lesung

Satu lagi wisata pantai di Banten yang memiliki batuan karang serta panorama alami yang begitu indah, pantai Tanjung Lesung. Destinasi wisata di Banten ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan lokal hingga turis mancanegara yang ingin menikmati keindahan objek wisatanya.

Tanjung Lesung memiliki pasir putih dengan bentuk karangnya yang sangat unik. Kalau kamu berkunjung ke pantai ini, akan merasakan nuansa seperti pantai di Bali. Ombak di pantai ini juga cocok untuk kamu yang hobi berselancar, jadi tak heran jika destinasi wisata di Banten satu ini juga jadi tujuan para surfer barik dari dalam maupun luar negeri.



3. Taman Nasional Ujung Kulon


Taman Nasional Ujung Kulon merupakan salah satu destinasi wisata favorit di Banten yang sayang untuk dilewatkan. Lokasi objek wisata di Banten ini di ujung barat Pulau Jawa, dan tidak hanya mencakup kawasan daratan yang ada di Pulau Jawa saja, melainkan juga termasuk beberapa pulau di sekitar ujung barat Pulau Jawa.

Berbagai kegiatan seru bisa kamu lakukan di Taman nasional Ujung Kulon ini, mulai dari trekking, berkemah, hingga melihat serta mempelajari alam liar. Selain sebagai tempat wisata, Taman Nasional Ujung Kulon ini juga berfungsi sebagai tempat perlindungan Badak.



4. Pulau Dua (Pulau Burung)


Pulau Dua atau Pulau Burung menjadi destinasi wisata alam di Banten favorit para wisatawan karena di cagar alam seluas 30 Ha ini merupakan rumah bagi banyak burung. Setiap tahunnya, sekitar 60 jenis burung dari berbagai negara akan datang ke pulau ini, tepatnya pada bulan April hingga Agustus. Selain itu, di objek wisata di Banten ini juga terdapat berbagai macam jenis ikan laut, serta memiliki laut yang begitu indah.

Untuk sampai ke destinasi wisata di Banten satu ini, kamu bisa menyewa perahu motor atau perahu tradisional. Jika kamu memilih untuk berjalan kaki sembari menikmati kelestarian alam di sekitarnya, kamu membutuhkan waktu 15 hingga 30 menit, melewati daerah pertambakan yang ada di Desa Sawah Luhur, Kasemen.



5. Masjid Agung Banten


Masjid Agung Banten merupakan masjid tertua di Indonesia yang kaya akan nilai sejarah. Setiap harinya, objek wisata religi di Banten ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Tak hanya wisatawan yang berasal dari daerah Jawa Barat saja, akan tetapi juga berasal dari luar Jawa Barat.

Masjid ini pertama kali dibangun oleh Sultan Maulana Hasanuddin pada tahun 1552 – 1570. Masjid Agung Banten menjadi destinasi wisata religi di Indonesia yang selalu ramai dikunjungi hingga saat ini.





6. Perkampungan Suku Baduy


Suku Baduy merupakan suku asli Banten yang telah bertahun-tahun menetap di Banten. Lokasi wisata ini wajib sekali kamu kunjungi, terutama bagi kamu yang menyukai ethnic traveling. Di Perkampungan Suku Baduy ini, kamu akan disuguhi dengan pemandangan murninya budaya serta adat istiadat suku tersebut.

Tak hanya bersenang-senang saja, di Perkampungan Suku Baduy ini kamu juga dapat mempelajari dan mengenal lebih dalam tentang adat istiadat serta budaya dari Suku Baduy. Lingkungan sekitarnya yang masih sangat asri menjadi fokus utama para wisatawan yang datang berkunjung ke lokasi ini.





6. Danau Tasikardi


Nama Danau Tasikardi diambil dari Bahasa Sunda yang artinya danau buatan. Danau ini merupakan objek wisata alam sekaligus wisata sejarah yang ada di Banten. Di destinasi wisata Banten satu ini kamu bisa menemukan banyak sekali peninggalan-peninggalan bersejerah Kerajaan Banten.

Objek wisata di Banten ini memiliki pemandangan yang indah dan terdapat persawahan hijau di sekitarnya yang akan membuat kamy betah untuk menghabiskan waktu berlama-lama di tempat ini. Kamu pun bisa melakukan berbagai aktivitas seperti memancing, berkemah, atau pun mengelilingi danau dengan menggunakan perahu kecil.




7. Gunung Krakatau


Objek wisata Gunung Api Krakatau yang fenomenal ini memang sempat menggemparkan dunia karena letusannya. Setelah kejadian tersebut, kini gunung Krakatau menjadi salah satu tempat wisata di Banten favorit para wisatawan yang cukup menantang.

Beragam aktivitas bisa dilakukan di kawasan wisata di Banten selanjutnya ini, mulai dari berenang atau snorkeling, menyaksikan kawasan Krakatau yang mempesona dari bibir pantai atau menapaki jalanan bekelok menuju puncak.

Jika beruntung, kamu akan menemukan fenomena alam yang menakjubkan, berupa gelembung gas metan ketika menyelam. Kamu juga dapat menikmati pesona keindahan bawah laut berupa bekas patahan yang berlekuk-lekuk di kedalaman 100-200 meter.





SELAMAT BERKUNJUNG....

About 93,7 Krakatau Radio

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply