ADSENSE

» » Sampah Menumpuk di Bibir Pantai Teluk Labuan, Sekda Minta Masyarakat Ubah Perilaku

Limbah sampah yang tergenang di laut bertempat di Desa Teluk, Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang.

KRAKATAURADIO.COM, LABUAN - Puluhan ton sampah menumpuk di sepanjang pantai Pelabuhan Perikanan Labuan, Desa Teluk, Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang. Selain menutupi bibir pantai, sampah juga telah mencemari lautan karena dibiarkan begitu saja sejak beberapa tahun silam.

 

Tumpukan sampah ini terpantau dari berbagai jenis, mulai dari plastik, sampah domestik, bahkan pakaian. Sampah ini bahkan tidak sedikit yang hanyut hingga ke tengah laut.

 

Menanggapi hal ini, Sekretaris Daerah (Sekda) Pandeglang, Pery Hasanudin meminta masyarakat agar mengubah perilaku dan tidak membuang sampah sembarangan.

 

Menurut Sekda, persoalan sampah saat ini masih menjadi momok dan tidak pernah kunjung selesai. Kata dia, penanganan sampah ini bukan hanya merupakan tanggung jawab pemerintah saja, akan tetapi membutuhkan tanggung jawab seluruh elemen masyarakat agar merubah kebiasaan membuang sampah sembarangan.

 

“Persoalan sampah ini tentu saja menuntut untuk merubah diri akan pentingnya kesehatan dan kebersihan, seperti beberapa hari yang lalu terjadi penumpukan sampah di pantai wilayah teluk Labuan. Ini karena dampak dari buang sampah sembarangan,” kata Pery saat memimpin Rakor Pengelolaan Sampah di Ruang Pintar, Selasa (19/01).

 

Peri menambahkan, kebiasaan masyarakat membuang sampah sembarangan ke sungai, maka sampah akan terbawa ke laut dan berakibat pada kerusakan lingkungan dan menimbulkan berbagai penyakit.

 

Ia menambahkan untuk mengatasi persoalan sampah, Pemda telah membangun bak-bak sampah di setiap Desa untuk di manfaatkan.

 

“Mengatasi persoalan sampah dapat di wujudkan melalui peningkatan kerjasama antar sektor dan peran masyarakat, Jika Pandeglang ingin bersih, bebas dari berbagai penyakit, tentu saja kita harus sama-sama merubah perilaku dan kesadaran diri untuk tidak buang sampah sembarangan,” tuturnya.

 

Ia berharap masyarakat bisa ikut peduli menjaga lingkungannya. Jangan sampai, masalah sampah ini menjadi persoalan yang tak kunjung selesai dan membuat Pemda tidak fokus mengurus program yang lain.

 

“Ibu Bupati sekarang sudah ngasih instruksi, masalah ini harus segera diurai. Saya berharap kepada warga jangan buang sampah sembarangan, itu kan jadi mengendap dan mempengaruhi ekosistem juga, jadi semua harus terlibat bukan cuma mengandalkan pemerintah saja,” pungkasnya. (Mudofar)

About 93,7 Krakatau Radio

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply