Sepanjang Pantai Labuan dan Carita Akan Ditanam 50.000 Bibit Mangrove

Penanaman pohon mangrove di pulau Popole oleh PLTU Banten 2 Labuan, Kamis (21/02/2019).

KRAKATAURADIO.COM, PANDEGLANG - Kawasan pesisir Pantai Labuan dan Carita di Kabupaten Pandeglang, rencananya akan ditanam 50.000 bibit pohon mangrove. Penanaman bibit mangrove ini merupakan upaya mencegah abrasi dan mengurangi dampak kerusakan jika terjadi bencana tsunami di Kabupaten Pandeglang.

 

Ketua Kampung Siaga Bencana (KSB) Pandeglang, Beni Madsira mengatakan, penanaman bibit pohon mangrove ini rencananya akan dilakukan pada bulan Maret 2021 mendatang bersama Taruna Siaga Bencana (Tagana) Pandeglang dan unsur lainnya. Direncanakan sebanyak 50.000 bibit pohon mangrove akan ditanam dua kawasan pantai itu.

 

“Penanaman bibit pohon mangrove ini merupakan program Pemerintah Pusat melalui Kementerian Sosial. Adapun teknis penanamanya saat ini sedang kami bahas bersama Bupati Pandeglang terkait lokasi mana saja kawasan pesisir pantai yang akan ditanami, sehingga kedepannya penanaman pohon mangrove ini bermanfaat dan mampu mencegah bencana tsunami apabila suatu saat terjadi,” ujar Beni saat melakukan audiensi dengan Bupati Pandeglang di Pendopo Bupati, Senin (11/01).

 

Sementara Bupati Pandeglang, Irna Narulita menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang terlibat dalam kegiatan kemanusiaan itu.

 

“Tidak sembarang orang yang mau menjadi relawan, karena jadi relawan itu membutuhkan mental yang kuat dan penuh keikhlasan dalam menangani berbagai bencana, baik bencana tsunami, longsor, banjir dan bencana lainya,” ujarnya.

 

Irna menilai, rencana aksi gerakan tanam pohon mangrove di kawasan pesisir pantai itu akan bermanfaat untuk kelestarian alam dan keselamatan manusia.

 

“Oleh karena itu Pemkab Pandeglang akan terus mendukung kegiatan. Apalagi gerakan tanam pohon ini untuk keberlangsungan hidup manusia,” imbuhnya. (Mudofar)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.