ADSENSE

» » Begini Strategi DPMPD Cegah Konflik Pilkades Pandeglang

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Pandeglang, Doni Hermawan.

KRAKATAURADIO.COM, PANDEGLANG - Sebanyak 207 Desa di Kabupaten Pandeglang, Banten, akan menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 2021. Pemilihan secara langsung akan digelar di 206 Desa sedangkan satu Desa dilakukan Pergantian Antar Waktu (PAW) yaitu Desa Sorongan, Kecamatan Cibaliung.

 

Menghindari konflik pada saat pelaksanaan Pilkades serentak nanti, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Pandeglang menyiapkan berbagai strategi.

 

Kepala DPMPD Pandeglang, Doni Hermawan mengatakan, pihaknya telah membuat sejumlah aturan yang akan disosialisasikan kepada bakal calon (Balon) Kades dan masyarakat pemilih.

 

“Kami sudah membuat beberapa aturan yang akan kita sosialisasikan lewat media karena memang beda pilkades dengan pemilihan-pemilihan yang lain karena pasti yang namanya pemilih itu lebih banyak,” kata Doni beberapa waktu lalu.

 

Ia memprediksi, partisipasi pemilih dalam Pilkades akan lebih tinggi jika dibandingkan dengan pemilihan yang lain. Untuk itu, aturan yang akan disosialisasikan diantaranya menjaga keamanan dan ketertiban.

 

“Saya lihat sekitar 80 sampai 90 persen masyarakat yang sepertinya akan memilih. Nah ini yang menjadi daya tarik dari Pilkades. Ini yang harus kita coba, bagaimana nanti masyarakat itu bisa memilih dengan tenang, tidak timbul suatu konflik permasalahan. Tinggal bagaimana kita mensosialisasikan nanti,” terang dia.

 

Selain itu kata dia, DPMPD juga akan melibatkan para Camat, TNI dan Polri untuk melaksanakan monitoring dan memperketat keamanan. Selain itu, ia juga meminta Balon Kades untuk tetap menjaga suasana kondusif.

 

“Tinggal Camat dan perangkat desanya untuk mensosialisasikan sehingga nanti pada saat Pilkades tidak ada permasalahan di kemudian hari. Yang pasti TNI dan Polri, pemerintah daerah semua bekerja sama untuk mensukseskan pilkades ini,” tandasnya.

 

Doni menjelaskan sejauh ini situasi masyarakat yang akan menggelar Pilkades serentak terbilang kondusif. Untuk itu ia meminta agar semua pihak untuk tetap turut aktif dalam menjaga keamanan dan ketertiban saat pelaksanaan Pilkades nanti. (Mudofar)

About 93,7 Krakatau Radio

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply