Musrenbang RKPD 2022, Pandeglang Prioritaskan Pembangunan Sampai Penanganan Pengangguran

Zoom meeting Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RKPD Kabupaten Pandeglang tahun 2022 di ruang pintar, Senin (22/03/2021).

KRAKATAURADIO.COM, PANDEGLANG - Dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2022, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang memprioritaskan pada lima hal isu strategis, diantaranya terkait masalah pengangguran.

 

Bupati Pandeglang, Irna Narulita berharap usulan yang disampaikan berdasarkan skala prioritas, sehingga pembangunan kedepan diharapkan menjadi solusi atas permasalahan dan isu strategis yang berkembang saat ini.

 

“Kami tidak ingin kegagalan kembali terulang, kami butuh masukan dari semua lapisan, dengan begitu pembangunan yang dilakukan pada tahun 2022 dapat berjalan dengan baik, efektif dan tepat sasaran,” kata Irna pada saat membuka Musrenbang RKPD tahun 2022 diruang pintar, Senin (22/03).

 

Untuk memastikan pembangunan tersebut tepat sasaran, Irna mengaku telah meminta Camat dan perangkat daerah lainnya agar memverifikasi dalam penginputan usulan program pembangunan.

 

Irna menerangkan, prioritas pembangunan untuk tahun 2022 diantaranya peningkatan konektivitas wilayah, pemberdayaan ekonomi masyarakat, peningkatan tata kelola pemerintahan, penanggulangan kemiskinan dan penanganan pengangguran.

 

“Kami akan prioritaskan jalan K1 (kewenangan Pandeglang). Kami masih punya utang pembangunan jalan kurang lebih 200 km, sehingga 3 tahun ini bisa terselesaikan,” ujarnya.

 

Ia juga meyakini jika usulan pada Musrenbang RKPD ini merupakan hasil Musrenbang di tingkat Kecamatan dan Desa yang telah disepakati. Selain itu kata Irna, ada juga yang berasal dari pokok pikiran DPRD dan hibah bansos.

 

“Usulan ini tentunya berjenjang, jadi insya Allah berdasarkan aspirasi masyarakat, program yang bisa disinergikan lakukan sesuai dari pokok pikiran DPRD,” imbuhnya.

 

Sementara itu, Ketua DPRD Pandeglang, Tb Udi Juhdi berharap pada dokumen RKPD tahun 2022 dapat menjabarkan RPJMD 2021-2024, karena akan menjadi rujukan pembangunan daerah.

 

Selain itu sektor pembangunan infrastuktur jalan terus menjadi prioritas, karena kata dia, infrastuktur yang baik akan mendorong peningkatan ekonomi dan transportasi.

 

“Kami harap Pandeglang dapat mengejar ketertinggalan diantaranya hal yang dapat dilakukan dengan pelayanan publik yang memadai serta good government. Dengan akses jalan dan jembatan memadai dapat membuka akses ke daerah yang terisolir,” pungkasnya. (Mudofar)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.