Tips Mudah Menikmati Hidup Tanpa Stres

 



   Stres pasti akan dialami semua orang. Namun, betapa menyenangkan jika kita bisa mengurangi kadar stres dengan membuat perubahan kecil, sederhana tetapi efektif dalam hidup.
      
     Ini tips gampang menikmati hidup yang dapat membantu kurangi stres secara drastis dan dapat diintegrasikan dalam rutinitas sehari-hari.


1. Tidur dan Bangun Lebih Awal

    Semua tahu betapa pentingnya tidur. Itu sebabnya tidur dan bangun lebih awal akan membantu kita memulai hari dengan baik. Jika mengawali hari dengan kekacauan, energi yang sama akan mengikuti terus saat kita menjalankan aktivitas selanjutnya. 
  
     Untuk menghindari hal seperti ini, siapkan waktu cukup di pagi hari sehingga semua bisa dijalankan dengan santai dan teratur. Cobalah untuk mempersiapkan segala sesuatu semalam sebelumnya sehingga di pagi hari, kita bisa menikmati waktu untuk membaca, menulis jurnal atau bermeditasi.
Dengan persiapan pagi hari yang baik, artinya kita sudah menciptakan rutinitas pagi yang produktif.


2. Membuat Daftar
 
    Memulai pagi dengan membuat daftar apa yang akan dikerjakan. Daftar ini akan membantu kita fokus dan terorganisasi dalam menjalankan hari. Ada kepuasan tersendiri saat kita mencoret satu per satu hal dalam daftar setelah usai dikerjakan.

    Jika membuat daftar terasa terlalu berlebihan, cobalah untuk memprioritaskan hal-hal yang harus dikerjakan hari ini. Dengan cara seperti itu, rasa kewalahan bisa diatasi dan membantu pilah-pilah mana yang harus segera diselesaikan dan mana yang bisa ditunda besok.


3. Jangan Khawatir Dengan Apa Yang Tidak Bisa Kita Kontrol

    Khawatir memakan banyak energi dan menyedot waktu. Jangan habiskan waktu dengan mengkhawatirkan hal-hal yang tidak bisa kita kontrol. Khawatir tidak akan mengubah suasana.

   Jika sedang menghadapi masalah dimana situasi bisa kita kontrol, cobalah untuk tetap fokus pada proses penyelesaian masalah. Bukan pada masalahnya. Jika energi atau tenaga dihabiskan untuk memikirkan masalah, masalah akan semakin rumit dan sulit diatur.

    Namun, jika kita mengalihkan energi kita untuk memikirkan jalan keluar, apapun masalah akan terasa lebih mudah dan tidak rumit untuk dikuasai.


4. Belajar Katakan Tidak

    Cara paling jitu kurangi stres dalam hidup adalah belajar menolak terhadap hal-hal yang tidak kita butuhkan. Jika setuju mengerjakan hal karena merasa tidak enak atau karena baik untuk dikerjakan, cara berpikir seperti itu sebaiknya dipertimbangkan lagi.

    Menambah beban dalam diri sendiri akan memberi rasa stres yang tidak penting dan menjauhkan kita melakukan hal-hal yang sebenarnya ingin kita kerjakan. Belajar mengatakan ‘Tidak’ sangatlah kuat. Semakin sering melatihnya, semakin banyak ruang kita ciptakan untuk menikmati hal-hal yang kita katakan ‘Ya.’


5. Hindari Gangguan

    Ambil waktu untuk merefleksikan apa yang kita kerjakan selama satu minggu. Siapkan waktu untuk mengidentifikasi hal-hal yang mengganggu kita untuk ke depannya dan melakukan hal-hal yang memang ingin kita kerjakan.

   Begitu kita bisa mengidentifikasi gangguan ini, kita bisa membuat perubahan sehingga masalah yang timbul dari gangguan ini hilang.

   Misalnya, kebiasaan bermain di media sosial hingga berjam-jam,Cobalah untuk mengurangi dan menggunakannya sebagai waktu tidur atau menggantikan dengan hobi baru atau mengerjakan hal-hal yang lebih berguna dan memuaskan hati.


6. Pola Makan Yang Baik


   Nutrisi buruk akan membuat tubuh sulit beradaptasi dengan stres. Ketika kita memberi tubuh asupan nutrisi bagus, itu artinya kita memberi tubuh bahan bakar untuk beraktivitas seharian.

   Coba untuk memberi asupan seperti sayur segar, buah, protein, lemak sehat dan kacang-kacangan. Jangan lupa untuk banyak minum air untuk mengembalikan enerji dan meningkatkan fungsi tubuh.

   Makanan yang harus dihindari termasuk makanan cepat saji, olahan dan yang mengandung pengawet, pewarna, MSG dan pemanis seperti sirup jagung fruktosa tinggi.


7. Selalu Bersyukur

   Cara termudah menghilangkan stres adalah selalu bersyukur atas segala kesempatan dan pengalaman dalam hidup.



SEMOGA BERMANFAAT

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.