5 Tips Menjaga Kesehatan saat Berpuasa di Bulan Ramadhan




Terapkan pola hidup sehat untuk membuat tubuh tetap bugar agar kegiatan sehari-hari bisa berjalan normal seperti biasanya saat ramadhan.

Menjaga kesehatan saat puasa ramadhan sangat menjadi salah satu hal yang sangat penting. Karena itu, terapkan pola hidup yang sehat untuk membuat tubuh tetap bugar dan kegiatan sehari-hari bisa berjalan normal seperti biasanya. Dalam menjalani ibadah puasa ramadhan, alangkah baiknya kita melakukan upaya-upaya untuk menjaga kesehatan tubuh. Berikut adalah 5 cara menjaga kesehatan di bulan ramadhan:

1. Mengkonsumsi teratur air putih saat berbuka puasa dan sahur

Perbanyaklah mengkonsumsi air putih, bukan air yang bergula, karena sudah jelas air putih kaya akan manfaat. Anda bisa menerapakan pola mengkonsumsi air putih 1 gelas setelah bangun sahur, 1 gelas setelah sahur, 1 gelas saat berbuka puasa, 1 gelas setelah salat magrib, 1 gelas setelah makan malam, 1 gelas setelah salat isya, 1 gelas setelah tarawih, 1 gelas sebelum tidur.

2. Konsumsi vitamin

Untuk kaka teteh yang sibuk dengan rutinitas pekerjaan, jangan abaikan mengkonsumsi Vitamin, apa lagi saat Ramadhan, agar daya tahan tubuh tetap terjaga.

3. Berolah Raga Ringan

Bulan ramadhan tidak menghalangi semangat Anda dalam berolahraga, justru hal itu sangat baik. Lakukan olahraga ringan dipagi hari atau sebelum berangkat bekerja minimal 5 menit saja.

4. Istirahat yang Cukup

Jika waktunya istirahat maka beristirahatlah, karena dibulan ramadhan istirahat siang sangat ditunggu-tunggu, dengan meluangkan dan memanfaatkan waktu beristirahat ditengah kesibukan membuat tubuh tidak cepat lemas.

5. Konsumsi Makanan yang berVitamin

Makanan berserat merupakan jenis makanan yang dapat memberikan sensasi kenyang lebih banyak meskipun dimakan dengan porsi sedikit. Selain membuat perut lebih kenyang, juga terdapat banyak manfaat seperti mengurangi kadar kolesterol, menurunkan berat badan. Sangat cocok apabila dikonsumsi tatkala sahur. Contohnya adalah sayur.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.