Ini Pesan Suku Baduy Saat Seba ke Pandeglang

Suku Baduy mendatangi Pendopo Pandeglang, Sabtu (22/05/2021).

KRAKATAURADIO.COM, PANDEGLANG - Tradisi Seba Baduy tetap digelar di tengah pandemi Covid-19. Bedanya kali ini tidak ada kemeriahan seperti tahun-tahun sebelumnya dimana diikuti ribuan peserta. Seba Baduy hanya diikuti oleh puluhan warga perwakilan suku Baduy dalam dan luar.

 

Sebelum mendatangi pendopo Gubernur Banten, suku Baduy mendatangi Pendopo Pandeglang. Penyambutan yang dilakukan juga sederhana karena dilakukan terbatas. Dalam kunjungan ini, suku Baduy diterima Sekretaris Daerah (Sekda) Pery Hasanudin.

 

Salah satu pimpinan acara seba, Jaro Saidi mengatakan, seba baduy merupakan satu amanah dari para leluhur untuk menyampaikan sebuah pesan agar selalu menjaga kelestarian alam.

 

“Gunung ulah kalebur, lebak ulah diruksak, bisi katuar kayuna, bisi kasungkur batunya,” ungkap Jaro Saida saat menyerahkan hasil bumi pada acara seba, Sabtu (22/05).

 

Ia juga berpesan, jika Pemerintah Daerah Pandeglang harus dapat menjaga kelestarian diantaranya Gunung Karang, Gunung Aseupan, Gunung Pulosari, Gunung Honje dan Sangiang Sirah (Ujung Kulon).

 

“Cai, leuwi ulah dikotoran, menta dijaga, menta diraksa, keseluruhan menta diaping jeung kasalametan,” imbuhnya.

 

Baca: Peduli Lingkungan, Ratusan Relawan Gelar Susur Sungai di Labuan

 

Sementara, Sekda Pandeglang Pery Hasanudin yang mewakili Bupati Pandeglang mengapresiasi kedatangan warga Baduy ke Pendopo Pandeglang.

 

“Terimakasih atas kunjungan warga baduy ke Pendopo Pandeglang, pesan yang disampaikan sangat dimengerti.  Yang ditipkan oleh para karuhun insya Allah kami jaga supaya baik untuk kelangsungan hidup kedepan,” ujar dia.

 

Kata Pery, walaupun saat ini pembangunan terus berjalan, tetap memakai aturan dan tidak akan bersinggungan yang berdampak kepada pengrusakan lingkungan.

 

“Semua yang disebutkan sama kita akan dipelihara, semoga rombongan dulur ti baduy lancar dalam perjalanan nya menuju Provinsi Banten,” pungkasnya.

 

Setelah melakukan seba ke Pandeglang, rencananya suku Baduy melanjutkan perjalanan ke Pendopo Gubernur Banten di Serang.

 

Hadir dalam kegiatan ini, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Pandeglang, Taufik Hidayat, Kepala Dinas Pariwisata, dr. Asmani. (Mudofar)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.