Pemprov Banten Akan Bangun Pelabuhan Perikanan Terpadu di Pandeglang

Bupati Pandeglang, Irna Narulita bertemu Kepala Dinas Perikanan Provinsi Banten, Eli Susiyanti di pendopo, Senin (24/05/2021).

KRAKATAURADIO.COM, PANDEGLANG - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten berencana membangun Pelabuhan Perikanan Terpadu di Banten Selatan, tepatnya di Kecamatan Cikeusik, Kabupaten Pandeglang. Dengan adanya pelabuhan ini diharapkan dapat mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan meningkatkan kesejahteraan nelayan.

 

Kepala Dinas Kelautan Provinsi Banten, Eli Susiyanti mengatakan, percepatan pembangunan ini mendapatkan dukungan dari semua pihak baik Gubernur Banten maupun pemerintah pusat.

 

“Mudah-mudahan gak di refocusing. Intinya kami ingin melakukan yang lebih baik di perikanan, khususnya kawasan pelabuhan perikanan terpadu,” katanya usai bertemu Bupati Pandeglang Irna Narulita, di Pendopo, Senin (24/05).

 

Menurut Eli, keberadaan pelabuhan perikanan di Banten selatan ini berpotensi menjadi andalan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

 

“Sejauh ini sektor kelautan Banten belum bisa dijadikan sektor andalan PAD, padahal potensi luar biasa, kami harap pelabuhan perikanan ini menambah nilai ekonomi bagi Banten dan Kabupaten,” jelasnya.

 

Masih kata Eli, dampak dibangunnya Pelabuhan Perikanan Banten Selatan terpadu sangatlah signifikan diantaranya tumbuhnya aktifitas ekonomi masyarakat pesisir, meningkatkan kinerja pembangunan kelautan dan perikanan dan penataan kawasan kumuh.

 

“Produksi perikanan tangkap, nilai tukar nelayan, pendapatan nelayan, tingkat konsumsi ikan, retribusi PAD, PDRB, Ekspor Perikanan akan meningkat. DED kawasan terpadu akan diajukan diperubahan anggaran tahun 2021 diperkirakan Agustus - Oktober,” imbuh dia.

 

Baca: Proyek Marina Bay di Tanjung Lesung Digarap 3 BUMN

 

Sementara Bupati Pandeglang, Irna Narulita berharap setelah terwujudnya Pelabuhan Perikanan Terpadu bisa memberdayakan sumberdaya lokal yang ada di wilayah tersebut.

 

“Kami harap para nelayan kami diberdayakan, sejauh ini upaya yang dilakukan mereka (nelayan) hanya cukup makan saja. Adanya pelabuhan ini kami harap mereka jadi garda terdepan,” ujar dia.

 

Kata Irna, pembangunan Pelabuhan Perikanan ini merupakan program stategis. Selain itu pembangunan di Kecamatan Cikeusik sangat tepat, karena wilayah tersebut diperuntukan untuk kawasan industri.

 

“Ekonomi masyarakat meningkat, dan semoga juga ada peningkatan PAD Pandeglang, karena selama ini masih bergantung kepada transfer dana pusat. Dengan meningkatnya PAD, akan ada kemandirian fiskal daerah. Harapan saya dapat dilaksanakan dalam waktu yang tidak cukup lama dan kami harap porsinya seimbang dalam pengembangan wilayahnya,” pungkasnya. (Mudofar)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.