ADSENSE

» » Tips Menjaga Kesehatan Tubuh yang Sederhana dan Mudah Dilakukan Sehari-hari


    Menjaga kesehatan menjadi hal yang sangat penting dilakukan semua kalangan. Apalagi dengan kondisi alam yang semakin tak tertebak cuacanya, tiba-tiba panas dan tiba-tiba dingin. Ditambah keadaan penyebaran virus dan bakteri yang semakin merebak setiap harinya.

    Terkadang hal sederhana yang rutin dilakukan setiap hari, mampu menjadi penangkal yang hebat dalam menjaga tubuh.

    Cara menjaga kesehatan tubuh biasanya tetap menyesuaikan dengan kebutuhan, usia, kesibukan, serta kemampuan seseorang. Asupan gizi menjadi perlu sebagai pendamping yang tepat, demi menjaga kesehatan tubuh dari dalam.

    Kesahatan darah juga penting bagi kesehatan tubuh, oleh karena itu sebaiknya Anda mengetahui kondisi hemoglobin dalam tubuh Anda. Karena jumlah hemoglobin yang rendah dapat menyebabkan kekurangan zat besi, sehingga memicu anemia. Gejala umum jika tubuh anda mengalami anemia defisiensi besi antara lain mudah lelah, lesu, merasa pusing, rambut rontok, kulit pucat dan kuku mudah patah.

   Kekurangan zat besi dapat menyebabkan kesehatan darah yang buruk. Periksa jumlah hemoglobin* Anda sekarang.

    Sementara itu, Anda dapat mengonsumsi makanan kaya akan zat besi seperti biji-bijian utuh seperti beras merah, sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, daging, apricot, plum dan kismis. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan suplementasi zat besi oral setiap hari dengan zat besi elemental 30mg hingga 60mg untuk wanita dewasa guna mencegah anemia. 

   Berikut beberapa cara menjaga kesehatan tubuh yang sederhana dan mudah dilakukan setiap hari, dirangkum dari berbagai sumber.


Menjaga Asupan Nutrisi Seimbang

    Pastikan tubuh Anda menerima asupan nutrisi yang seimbang, baik dari hewani dan sayuran. Konsumsi sayur dan buah yang mengandung serat prebiotik, vitamin, mineral, serta berbagai antioksidan. Tambahkan asupan daging dan ikan. Apabila Anda tak suka dengan daging, bisa dialihkan pada telur sebagai ganti protein hewani.


Menjaga Berat Badan Ideal

    Cara menjaga kesehatan tubuh yang bisa Anda terapksan selanjutnya ialah menjaga berat badan ideal. Jaga pola makan dan rutinitas gerak, demi menjaga diri dari obesitas atau berat terlalu rendah. Kelebihan berat badan bisa meningkatkan risiko berbagai penyakit, seperti tekanan darah tinggi, kolesterol, diabetes tipe 2, sakit jantung, stroke, dan kanker.


Tidur yang Cukup

    Kebutuhan waktu tidur disesuaikan dengan usia. Orang yang kurang dari 6 jam setiap malam, berisiko 4 kali lebih mudah mengalami flu karena virus, dibandingkan orang yang tidur 7 jam atau lebih. Berdasarkan penelitian, orang yang tidur minimal 8 jam setiap harinya selama 2 minggu, menunjukkan sistem kekebalan tubuh yang lebih kebal. Hal ini disebabkan sitokin dilepaskan selama tidur. Sitokin itu sejenis protein yang membantu melawan infeksi dan meningkatkan imun.


Sering Mencuci Tangan dengan Sabun

    Cara menjaga kesehatan tubuh berikutnya yang kerap dielu-elukan saat ini. Sesering mungkin untuk mencuci tangan dengan sabun. Sebab jika hanya menggunakan hand sanitizer, bakteri dan virus memang mati. Namun meninggalkan bekas. Saat mencuci tangan, bakteri dan virus akan ikut larut bersama sabun serta air yang mengalir.


Minum Cukup Air Putih dan Teh Hijau

   Perbanyak minum air putih setiap hari, sesuaikan dengan kebutuhan berat badan. Semisal berat Anda 40 kg, dikali 30 ml. Maka jumlah air yang dibutuhkan setiap harinya sekitar 1200 ml. Selain itu, sesekali minum teh hijau juga baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Dikutip dari hellosehat, teh hijau tinggi akan antioksidan, yang disebut flavonoid. Sehingga bisa menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.


Olahraga Rutin, Minimal 5 Menit Per Hari

    Cara menjaga kesehatan tubuh selanjutnya dengan rutin bergerak aktif. Selain itu, olahraga juga baik dalam mencegah dan mengelola masalah kesehatan, seperti stroke, diabetes, depresi, tekanan darah tinggi, osteoporosis, radang sendi, hingga kanker.

    Sebagai permulaan, Anda bisa melakukan yoga dan olahraga ringan 5 menit per hari. Bertahap setiap harinya hingga 30 menit. Disarankan untuk berolahraga selama 150 menit dalam seminggu. Atau luangkan waktu selama 20-30 menit setiap harinya untuk berolahraga.


Hindari Junk Food dan Kurangi Soda

    Cara menjaga kesehatan tubuh sederhana yang bisa Anda terapkan berikutnya, menghindari junk food dan kurangi soda. Sebab junk food memiliki kadar lemak dan yang tinggi. Selain itu, minuman bersoda mengandung gula tambahan. Serta akan meningkatkan risiko terkena diabetes tipe-2 sebesar 26 persen lebih tinggi.


Mengelola Stres

    Cara menjaga kesehatan tubuh berikutnya dengan mengelola stres. Keadaan yang stres akan memicu orang mudah terserang penyakit. Pelepasan hormon secara konstan pada orang yang mengalami stres kronis, ternyata dapat mengurangi kemampuan hormon. Hal ini bisa mengakibatkan tubuh mengalami peradangan dan rentan terhadap penyakit. Cara sederhananya, Kaka Teteh bisa melakukan yoga atau meditasi, serta tak terlalu membuat pikiran terbebani dengan hal sepele.


Menjaga Kebersihan

    Cara menjaga kesehatan tubuh selanjutnya dengan menjaga kebersihan, baik dari tubuh sendiri serta lingkungan. Hal sederhana yang bisa dilakukan, seperti rajin mandi, membersihkan kamar dan rumah, selalu cuci tangan sebelum dan sesudah beraktivitas.


Hindari Alkohol dan Kurangi Merokok

    Dari penelitian menunjukan, minum alkohol mampu merusak sel dendritik, yakni komponen penting dari sistem kekebalan tubuh. Penelitian yang diterbitkan dalam di Journal Clinical and Vaccine Immunology. Dokter mengatakan bahwa penelitian ini membantu menjelaskan, mengapa vaksin kurang efektif untuk orang yang kecanduan alkohol. Selain itu, sebaiknya mulai mengurangi paparan rokok. Seiring berjalannya waktu hingga benar-benar berhenti dari kecanduan merokok.

    Itulah beberapa cara menjaga kesehatan tubuh sederhana yang bisa Anda coba terapkan setiap hari. Semoga kesehatan selalu menyertai setiap langkah.


SEMOGA BERMANFAAT ... !!!

About 93,7 Krakatau Radio

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply