Tips Semangat Kerja



    Rasa jenuh dapat menghampiri siapapun, termasuk Kaka Teteh. Jika saat ini Kaka Teteh berada di situasi yang membuat Kaka Teteh malas melakukan pekerjaan atau bahkan suka menunda pekerjaan, itu merupakan tanda bahwa Anda berada di situasi yang menjenuhkan. Situasi ini sangatlah wajar dan lumrah. Namun, Kaka Teteh tidak bisa membiarkan Kaka Teteh berada di situasi ini dalam waktu yang lama karena masih ada tanggung jawab perusahaan yang Anda miliki.

    Membangkitkan semangat kerja memang tidaklah mudah dan membutuhkan proses. Tapi, melalui proses ini, Kaka Teteh dapat menggali lebih dalam mengenai apa yang Kaka Teteh inginkan, pola pekerjaan seperti apa yang membuat Kaka Teteh merasa tertantang, skill apa yang ingin Anda kembangkan, dan lain sebagainya. Ketika anda mencapai titik aktualisasi diri, Kaka Teteh akan merasa lebih bersemangat dan rutinitas yang semula terlihat membosankan, akan terlihat menarik dan menyenangkan.

     Sekarang, mari kita lihat tips semangat kerja yang dapat meningkatkan produktivitas kerja Kaka Teteh di kantor.

1. Temukan Motivasi Kerja

"Apa goal yang Anda ingin capai dalam pekerjaan Anda saat ini?"

    Pertanyaan tersebut dapat membantu Kaka Teteh mencari apa yang Kaka Teteh inginkan. Apakah hal yang Kaka Teteh inginkan merupakan kenaikan jabatan di perusahaan? Ataukah Kaka Teteh ingin mengembangkan skill atau belajar hal yang baru? Ataukah Kaka Teteh ingin memperluas koneksi yang Kaka Teteh punya?

    Apapun keinginan Kaka Teteh, jadikan hal tersebut sebagai motivasi dalam pekerjaan Kaka Teteh. Dengan begitu, Kaka Teteh akan mempunyai sebuah tujuan yang pasti ketika Anda menyelesaikan pekerjaan yang diberikan oleh perusahaan kepada Kaka Teteh.

2. Fokus pada Kekuatan Terbaik Anda

"Apa kekuatan atau skill terbaik Anda?"

     Setiap orang pasti mempunyai satu hal yang sangat dikuasai seperti ahli dalam mendesain, melakukan pitching ke client, membuat presentasi, atau bahkan Kaka Teteh mempunyai kekuatan untuk menjadi seorang leader dalam sebuah tim. Fokuslah pada kekuatan Anda dan gunakan kekuatan tersebut untuk hal yang positif seperti mengembangkan ide bisnis untuk perusahaan.

    Dengan mengembangkan kekuatan yang Kaka Teteh punya, Kaka Teteh menjadi tahu akan tujuan pekerjaan dan hidup yang Kaka Teteh cari selama ini. Jadikan kekuatan tersebut sebagai motivasi untuk mencapai target yang Kaka Teteh inginkan.

3. Ganti Suasana Kerja

"Apakah suasana kerja Anda nyaman dan menyenangkan?

     Suasana kerja berperan penting dalam meningkatkan semangat kerja. Suasana kerja yang tidak kondusif tentu akan membuat siapapun kehilangan motivasi. Jika Kaka Teteh merasakan hal tersebut, ada baiknya untuk mendiskusikan permasalahan ini kepada atasan Kaka Teteh agar dapat dicari jalan keluarnya bersama-sama.

     Tapi sebelum itu, Kaka Teteh harus mengidentifikasi terlebih dahulu sumber yang menyebabkan suasana kerja menjadi tidak kondusif. Apakah hal tersebut berasal dari suasana kantor yang panas, rekan kerja yang berisik, peralatan kantor yang kurang memadai, atau beban kerja yang terlalu banyak. Setelah anda mengidentifikasi sumber tersebut, barulah Anda bawa permasalahan ini kepada atasan.

4. Bergaul dengan Teman yang Positif

"Apakah Kaka Teteh mempunyai lingkungan pergaulan yang positif?"

    Memiliki teman merupakan sebuah hadiah yang sangat indah dan menyenangkan. Apalagi kita sebagai makhluk sosial yang membutuhkan teman untuk berkomunikasi, bertukar pikiran, dan berbagi. Carilah teman yang dapat membantu Kaka Teteh mengembangkan potensi yang ada dalam diri Anda. Teman yang positif akan membentuk motivasi dalam diri yang positif pula.

     Kaka Teteh dapat saling mengingatkan satu sama lain apabila salah satu di antara kalian ada yang mulai kehilangan motivasi kerja dan berada di titik jenuh. Sesekali, Anda juga bisa pergi bersama teman untuk sekedar makan bersama dengan menggunakan Sodexo ePass atau Sodexo Gift Pass. Kaka Teteh bisa menikmati quality time bersama mereka di luar kantor dan hal tersebut sangatlah menyenangkan.

5. Menolong Sesama Rekan Kerja

"Apakah selama Kaka Teteh bekerja, Kaka Teteh hanya fokus kepada diri sendiri saja?"

    Salah satu hal bermanfaat yang bisa meningkatkan semangat kerja Kaka Teteh adalah dengan menolong sesama rekan kerja. Misalkan, Kaka Teteh membantu memberikan penjelasan kepada karyawan fresh graduate tentang aturan perusahaan, menolong rekan yang ada di meja sebelah saat ada masalah teknis pada komputernya, dan banyak hal lainnya yang bisa Kaka Teteh lakukan untuk menolong sesama rekan kerja. Dengan menolong sesama rekan, Kaka Teteh akan menemukan tujuan baru dalam diri sendiri yang dapat memotivasi Kaka Teteh dalam pekerjaan.

Ini Saatnya untuk Meningkatkan Semangat Kerja Kaka Teteh 

     Jadi, tunggu apalagi? Yuk tingkatkan semangat kerja Kaka Teteh karena ini saatnya untuk Kaka Teteh bangkit dan berhenti mengeluh, demi tujuan dan mimpi yang ingin Anda capai!

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.