ADSENSE

» » 6 Pola Makan Ini Bantu Perkuat Daya Tahan Tubuh Si Kecil Saat Pandemi



   Virus Corona semakin mengganas dan kini menyerang anak-anak. Perkuat daya tahan tubuh si kecil dengan menerapkan pola makan berikut.

   Perkembangan varian coronavirus yang terus mengganas kini mengancam masyarakat lebih luas lagi. Bukan hanya orang dewasa, anak-anak juga mulai banyak yang terjangkit akibat daya tahan tubuh yang belum cukup kuat untuk melawan serangan coronavirus.

    COVID-19 yang masih terus melonjak tentu sangat mengkhawatirkan untuk seluruh anggota keluarga. Terutama bagi si kecil yang masih butuh bantuan untuk memperkuat imun atau daya tahan tubuhnya. Berbagai cara dan trik untuk menjaga kesehatannya sangat penting untuk dilakukan.

    Memerhatikan asupan nutrisinya, pola makan serta komposisi gizi makanan yang seimbang harus dilakukan untuk menjaga si kecil agar tak tumbang dan melemah imunitasnya. Para ahli menyarankan beberapa trik untuk memperkuat daya tahan tubuh si kecil selama pandemi.

Berikut 6 pola makan yang dianjurkan untuk perkuat imun si kecil


1. Perbanyak Asupan Makanan Utuh

    Berbeda dengan orang dewasa yang telah memahami fungsi dan dapat memilah makanannya sendiri, anak kecil cenderung lebih pemilih terutama pada makanan sehat. Makanan-makanan sehat yang cenderung memiliki rasa tidak enak akan dijauhi oleh anak-anak dan makanan tinggi gula yang kurang baik untuk kesehatan justru akan sangat digemari.

    Pola makan anak masih sangat banyak dipenuhi oleh makanan olahan. Sebagai orang tua sebisa mungkin mulai kurangi produk makanan olahan dan tingkatkan makanan alami yang tinggi nutrisi. Misalnya dengan makanan-makanan utuh seperti sereal gandum, buah-buahan, sayuran serta makanan utuh yang bernutrisi lainnya.

2. Beri Banyak Sumber Serat

    Usus dan saluran pencernaan memiliki peran penting yang cukup besar, bahkan mencapai 80% untuk membentuk imunitas. Hal tersebut membuat kesehatan usus sangat penting untuk diperhatikan demi menciptakan imunitas dan daya tahan tubuh anak yang lebih kuat terutama di tengah pandemi COVID-19.

    Usahakan untuk memberikan anak asupan tinggi serat serta antibiotik (jika diperlukan dan tetap dalam pengawasan dokter) untuk membantu menekan bakteri jahat dan meningkatkan bakteri baik dalam usus. Keberagaman bakteri usus menjadi sangat penting fungsinya karena bakteri pada usus dan saluran pencernaan ini punya peran penting dalam menjaga kekebalan imun tubuh si kecil.

3. Hindari Makanan Pemicu Alergi dan Inflamasi

    Ketidakseimbangan imunitas merupakan hal yang sangat wajar terjadi pada anak-anak karena tubuhnya masih melakukan banyak penyesuaian. Menjaga imun yang sudah terbentuk dalam tubuh anak akan sangat berpengaruh untuk menjaga keseimbangan imunitas anak dan menjaga kekebalan tubuhnya terhadap virus.

    Salah satu cara untuk menjaga keseimbangan imunitasnya adalah dengan menghindari pemicu infeksi, alergi atau inflamasi yang mungkin terjadi pada anak-anak. Ketahui dengan pasti makanan-makanan yang tidak cocok dengan tubuh si kecil dan sebisa mungkin hindari konsumsinya agar tidak terjadi alergi maupun inflamasi yang mengganggu imunitasnya.

4. Tambahkan Makanan Kaya Antioksidan

    Antioksidan terkandungan pada beragam makanan yang diperkaya dengan vitamin A, C, E dan zinc yang dapat memperkuat sel imun. Biasanya makanan-makanan tinggi antioksidan seperti tomat, anggur, kiwi, jeruk dan beragam makanan lainnya memiliki warna-warna yang cerah dan jika digabungkan akan menarik perhatian si kecil.

    Tugas terbesar orang tua adalah berkreasi untuk membuat makanan sehat tersebut memiliki rasa yang bisa diterima oleh anak-anak. Salah satu caranya dengan menyajikan ubi jalar yang dikukus, wortel smoothie maupun yogurt yang dicampur dengan buah berry.

5. Tambahkan Bumbu Dapur dan Rempah

    Sedikit taburan rempah dan bumbu dapur sangat baik untuk meningkatkan dan menguatkan imunitas terutama pada anak-anak. Banyak bumbu dapur dan rempah memiliki sifat antimikroba, antioksidan serta nutrisi yang bermanfaat untuk meningkatkan imunitas.

     Menambahkan bumbu dapur ini sebenarnya tidak terlalu rumit. Misalnya dengan menambahkan cincangan bawang putih pada makanan anak, sedikit taburan kunyit sebagai bumbu saat memasak makanan untuk anak-anak serta beragam cara lainnya untuk membuat anak mau konsumsi bumbu dapur dan rempah-rempah.

6. Berikan Makanan Fermentasi

    Berkaitan dengan kesehatan usus yang memengaruhi imunitas, makanan fermentasi dikenal sebagai makanan yang sangat baik dan disarankan untuk kesehatan usus. Mulai mengenali anak dengan makanan-makanan fermentasi dan memberikannya secara rutin akan sangat membantu untuk menjaga dan menguatkan imunitas anak.

    Namun sebuah permasalahan datang terkait rasa makanan fermentasi yang cenderung asam dan tidak akan dengan mudah disukai oleh anak-anak. Untuk membuat anak menyukai makanan yang difermentasi secara perlahan bisa dilakukan dengan cara mencampurkan yogurt dengan potongan buah atau menambahkan acar dengan campuran saus yang disukai anak-anak


SEMOGA BERMANFAAT !!!

About 93,7 Krakatau Radio

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply