ADSENSE

» » Tips Meningkatkan Daya Tahan Tubuh



     Daya tahan tubuh atau sistem imunitas memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan Kaka Teteh. Oleh karena itu, Kaka Teteh harus disiplin dalam menerapkan beberapa cara meningkatkan daya tahan tubuh agar tak mudah terserang penyakit. Apalagi di masa pandemi covid-19 seperti ini, Kaka Teteh perlu memiliki kewaspadaan lebih demi menjaga diri dari serangan virus.

    Banyak cara meningkatkan daya tahan tubuh yang bisa Kaka Teteh terapkan, seperti menjaga pola makan, mengurangi stres, dan pola tidur yang teratur. Menerapkan hal-hal tersebut berarti sudah berusaha meningkatkan daya tahan tubuh agar bisa bekerja maksimal dalam melindungi tubuh dari serangan organisme atau kuman penyebab penyakit.

   Jangan sampai imunitas Kaka Teteh lemah hingga tak mampu menghalau penyakit. Sebagai usaha menjaganya, berikut ini terdapat sejumlah cara meningkatkan daya tahan tubuh yang dilansir dari berbagai sumber untuk Kaka Teteh ikuti.

Menjaga Pola Makan

1. Makanan Berserat dan Mengandung Antioksidan

    Mengonsumsi makanan berserat diperlukan sebagai usaha menjaga sistem pencernaan yang bertugas memproses asupan gizi pada tubuh. Selain itu, penting juga mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan untuk menangkal radikal bebas.

    Radikal bebas bisa terjadi dari metabolisme tubuh dan polusi udara. Antioksidan berperan untuk menetralkan radikal bebas agar tubuh terhindar dari kerusakan sel dan jaringan. Agar bisa mendapat antioksidan dalam jumlah yang cukup, Kaka Teteh perlu mengonsumsi buah dan sayur berwarna-warni secara rutin.

   Bahan makanan yang bisa kalian konsumsi, antara lain kiwi, jeruk, anggur, sayuran hijau, dan biji-bijian.

2. Memastikan Asupan Nutrisi

   Cara meningkatkan daya tahan tubuh yang juga perlu dilakukan, yaitu menjaga nutrisi makro, serat, dan nutrisi mikro. Nutrisi makro yang dimaksud, yakni karbohidrat, protein, dan lemak. Nutrisi mikro, yaitu vitamin dan mineral.

   Nutrisi tersebut dibutuhkan tubuh untuk menjalankan fungsinya. Jika kekurangan nutrisi, fungsi sel tubuh akan menurun, dan akibatnya bisa menurunkan sistem kekebalan.

3. Kebersihan Makanan

   Setelah menyiapkan bahan makanan yang kaya akan nutrisi secara seimbang, Kaka Teteh juga perlu benar-benar memperhatikan kebersihannya. Saat pembuatan kalian perlu memperhatikan kebersihan alat memasak, alat, makan, dan bahan pelengkap seperti air, bumbu, dan seterusnya.

4. Konsumsi Makanan Hangat dan Banyak Mengandung Air

   Makanan hangat seperti sup diperlukan untuk meningkatkan imunitas dan selaput lendir yang melapisi dinding saluran pernapasan.

   Minuman dan makanan dingin yang Kaka Teteh konsumsi akan merangsang keluarnya lendir, sehingga mempengaruhi sistem pernapasan dan berlanjut pada penurunan sistem kekebalan tubuh.

Menerapkan Kebiasaan Hidup Sehat

1. Hindari Stres

    Stres bisa dikatakan sebagai salah satu sumber penyakit. Saat sudah tak terkendali, stres bisa meningkatkan produksi hormon kortisol. Peningkatan kortisol dalam jangka panjang dapat memicu penurunan fungsi kekebalan tubuh.

    Sebagai salah satu cara meningkatkan daya tahan tubuh, Kaka Teteh perlu mengelola stres dengan baik.

2. Olahraga Teratur

   Olahraga yang dimaksud sebagai cara meningkatkan daya tahan tubuh, yaitu olahraga yang teratur. Dengan berolahraga selama 30 menit setiap hari, sistem kekebalan tubuh Kaka Teteh akan meningkat dalam melawan infeksi.

   Hal tersebut bisa terjadi karena olahraga mampu meningkatkan kadar leukosit sel darah tanpa warna yang berfungsi untuk mematikan bakteri serta meningkatkan respons antibodi dan T Cell.

3. Tidur Cukup

   Jika Kaka Teteh kurang tidur, peluang mendapat serangan penyakit akan lebih besar. Mencukupi kebutuhan tidur merupakan hal yang penting bagi sistem imunitas atau kekebalan tubuh Kaka Teteh.

   Orang dewasa pada umumnya membutuhkan waktu sekitar 7-8 jam dan remaja membutuhkan waktu tidur sekitar 9-10 jam.

4. Perbanyak Teman

   Sering larut dalam kesendirian merupakan hal yang tak baik untuk kekebalan tubuh Kaka Teteh. Kesehatan fisik sekaligus mental akan terganggu jika Kaka Teteh melakukannya secara terus-menerus.

   Oleh karena itu, Kaka Teteh perlu memperbanyak teman agar tercipta sosialisasi yang baik. Tak harus bertemu, komunikasi via online pun bisa membuat Kaka Teteh rileks. Efek baiknya bisa Kaka Teteh rasakan ketika sistem imun tubuh ikut meningkat.

5. Berjemur

    Membiarkan diri terpapar sinar matahari di waktu yang tepat bisa ditempuh sebagai salah satu cara meningkatkan daya tahan tubuh. Sinar matahari pada jam tertentu, saat pukul 08.00-09.00 WIB atau pukul 11.00-13.00 WIB merupakan momen yang tepat untuk berjemur karena dapat meningkatkan produksi vitamin D yang bermanfaat bagi kekebalan tubuh.

    Durasi berjemur pun tak perlu lama, cukup 10-15 menit. Intensitasnya pun tak perlu terlalu sering, cukup dilakukan 2-3 kali dalam seminggu.

 

Konsumsi Suplemen

1. Vitamin dan Mineral

    Selain melalui bahan makanan yang sudah disebutkan di atas, Kaka Teteh juga bisa mendapat asupan melalui suplemen. Sebelum memilihnya sebagai cara meningkatkan daya tahan tubuh, Kaka Teteh perlu mengetahui kandungan yang terdapat dalam suplemen tersebut. Beberapa kandungan suplemen yang bisa membantu kekebalan tubuh bisa Kaka Teteh ketahui dalam informasi berikut ini.

- Echinacea

   Selain mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, echinecea dipercaya sebagai antivirus, antiradang, dan antioksidan. Oleh karena itu, tumbuhan herbal ini bermanfaat untuk memerangi virus penyebab flu.

- Morinda Citrifolia (Mengkudu)

   Buah mengkudu mengandung berbagai zat kalium yang mampu meningkatkan stamina, kekebalan tubuh, dan memperbaiki kerusakan sel. Namun, Kaka Teteh yang memiliki riwayat penyakit ginjal, jantung, atau liver, sebaiknya menghindari suplemen yang mengandung buah ini.

- Vitamin B6, C, dan Echinacea

   SUplemen yang mengandung vitamin B6, C, likopen, dan E cukup direkomendasikan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar lebih optimal.

   Itulah beberapa cara meningkatkan daya tahan tubuh yang perlu Kaka Teteh terapkan agar terhindar dan tak mudah terserang penyakit yang disebabkan bakteri dan virus.


SEMOGA BERMANFAAT...!!!

About 93,7 Krakatau Radio

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply