Selain Jadi Rempah dalam Masakan, Inilah Enam Manfaat Air Jahe untuk Kesehatan

    

    Selain menjadi rempah dalam masakan, jahe juga menyimpan segudang manfaat lainnya. Minum segelas air jahe bisa mencegah penyakit kronis, seperti jantung hingga gagal ginjal.

    Kandungan antioksidan dan sifat antiinflamasi yang dimiliki jahe sangat baik untuk kulit, rambut, dan tubuh.

   Ahli gizi Deepika Rani menjelaskan, “Jahe yang dikenal dengan sifat antiinflamasinya juga mengandung gingerol, shogaol, zingerone, dan banyak senyawa lainnya sehingga memberikan jahe aroma dan rasa yang tajam. Ini yang bertanggung jawab untuk menyediakan semua manfaat dari jahe.”

    Menurutnya, cara terbaik untuk mendapatkan manfaat jahe adalah minum air jahe secara teratur. Lebih lanjut, simak keenam manfaat air jahe untuk kesehatan.

1. Menurunkan Berat Badan

    Minum air jahe secara teratur membuat tubuh menyerap nutrisi dengan lebih baik dan melepaskan energi secara maksimal. Jadi, Anda tidak akan merasakan keinginan untuk makan secara berlebihan.

    Terdapat jurnal penelitian yang menemukan bahwa jahe membantu Kaka Teteh agar tetap kenyang dalam waktu yang lama.


2. Baik untuk Kulit

    Jahe mengandung gingerol yang bertindak sebagai antioksidan sehingga bisa melawan radikal bebas. Jadi, warna kulit Kaka Teteh bisa merata dan membuatnya tampak lebih bercahaya.

    Jahe juga membuat kulit Kaka Teteh mengencang dan melawan berbagai tanda penuaan. Lalu, sifat antiinflamasi bisa melawan semua jenis infeksi dan membuat kulit tetap sehat hingga bersih.


3. Kurangi Kram Menstruasi

    Jika Kaka Teteh masih mencari cara untuk mengurangi kram di perut saat menstruasi, air jahe adalah jawabannya. Sebuah penelitian dalam Taiwanese Journal of Obstetrics and Gynaecology pada 2018 menemukan jahe efektif untuk mengurangi nyeri dan kram menstruasi seperti obat penghilang rasa sakit yang dijual secara bebas.


4. Bantu Masalah Pencernaan

    Orang yang mengonsumsi air jahe satu kali dalam sehari cenderung tidak mengalami gangguan pencernaan dan sembelit. Mereka juga tidak mengalami asam lambung, mual, atau memiliki gas yang berlebih.

    Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam PubMed Central mencatat air jahe secara signifikan meredakan muntah dan mual.


5. Mengurangi Kolestrol

    Makanan yang dikonsumsi berpotensi untuk meningkatkan kadar kolestrol. Apabila jumlah kadarnya terlalu tinggi bisa memicu penyakit berbahaya, seperti jantung dan strok.

    Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Saudi Medical Journal menemukan mereka yang mengonsumsi jahe setiap hari mengalami penurunan kadar trigliserida dan low-density lipoprotein (LDL) atau yang dikenal sebagai kolesterol jahat pemicu strok.


6. Kaya akan Antioksidan

     Antioksidan dalam jahe berperan penting untuk mengatasi radikal bebas, serta menurunkan risiko penyakit kanker, jantung, dan diabetes.

    Lalu, air jahe kaya akan mineral potasium yang penting untuk jantung, otot, tulang, dan metabolisme tubuh. Kekurangan potasium bisa menyebabkan permasalahan pada jantung dan tekanan darah tinggi. 


SELAMAT MENCOBA  & SEMOGA BERMANFAAT !!!


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.