ADSENSE

» » Yang Bisa Orang Tua Lakukan Bila Bayi Susah Tidur



Rewel, sering menggosok mata atau menguap, merupakan tanda bayi mengantuk. Tapi meski sudah menunjukkan tanda-tanda ini, sebagian bayi tetap susah tidur ketika orang tua berusaha menidurkannya.
Wah, bikin bingung ya. Bukan hanya cemas kesehatan bayi terganggu akibat kurang istirahat, tapi rasa lelah karena harus terus berusaha menidurkan bayi bisa menimbulkan stres juga.
Tapi tenang dulu. Sebenarnya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan diterapkan saat bayi susah tidur. Apa saja?

Apa Yang Perlu Orang Tua Lakukan Apabila Bayi Susah Tidur


1. Terapkan Rutinitas Sebelum Tidur
Bila bayi memiliki rutinitas yang konsisten, ini bisa membantu si kecil mudah tidur nantinya. Ya, dengan rutinitas yang diterapkan, bayi akan mengerti bahwa ada waktu-waktu tertentu yang menandakan saatnya dirinya harus tidur.
Misalnya, dengan meredupkan lampu kamar, membacakan dongeng sebelum tidur, memutar musik yang menenangkan, atau nyanyikan si kecil lagu pengantar tidur.

2. Kenali Tanda Bayi Mengantuk
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, menggosok atau mengucek mata, rewel, dan menguap merupakan tanda bayi mengantuk. Selain itu, mengisap jempol dan menarik-narik telinga juga bisa jadi pertanda ia sudah mengantuk.

3. Terapkan Perilaku Siang-Malam
Orang tua sebaiknya secara perlahan dapat menerapkan perilaku siang dan malam pada bayi. Coba ajak si kecil bermain dan berinteraksi di siang hari. Hal ini pun membuat mereka banyak terkena sinar matahari di pagi dan sore hari.
Kemudian, coba kurangi aktivitas di malam hari menjadi lebih tenang sebagai tanda bahwa malam hari waktunya untuk beristirahat.

4. Berlatih Memisahkan
Bila Kaka Teteh selalu bersama bayi dan si kecil sulit untuk ditinggalkan saat Kaka Teteh tidak berada di dekatnya, coba untuk berlatih memisahkan diri. Kaka Teteh dapat mengajarkan ini dengan meninggalkan ruangan selama beberapa detik setiap kali dan bayi secara perlahan terbiasa berada jauh dari Kaka Teteh.

5. Buat Jadwal Tidur Siang
Dengan menerapkan tidur siang, bayi akan paham kapan saatnya ia tidur dan bermain. Cobalah jadikan hal ini menjadi kebiasaan dan perlu diingat, jangan membiasakan si kecil tidur di bouncer, stroller, atau bahkan pangkuan Anda. Karena, hal ini bisa membuat bayi menolak untuk tidur di tempat tidurnya.

SELAMAT MENCOBA !!!

About 93,7 Krakatau Radio

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply