3 Cara Menabung di Rumah Agar Tidak Diambil-ambil


     Bagi sebagian orang, membiasakan diri untuk menabung bukanlah hal yang mudah. Terlebih jika Anda memiliki sifat boros dan konsumtif yang sulit untuk diatasi. Meski begitu, konsisten menabung bukanlah hal yang tak mungkin. Perlu tips tepat dan cara menabung di rumah agar tidak diambil-ambil agar tabungan terkumpul dan target menabung tercapai.

    Sebelum memantapkan hati untuk menyisihkan sebagian uang jajan hingga uang gaji Anda dengan cara menabung, Anda harus paham bahwa menabung adalah hal yang wajib dilakukan untuk kebaikan finansial di masa depan.

    Tak melulu harus menabung di bank, di zaman yang serba modern ini, Anda juga bisa menabung di rumah dengan mudah dan cepat. Berikut ini tips menabung di rumah anti gagal.

  1. Taruh tabungan di lokasi yang tersembunyi
    Hal ini bisa Anda lakukan agar Anda lupa memiliki tabungan dan tidak khilaf membelanjakan uang tabungan untuk hal-hal yang tidak penting. Menyembunyikan tabungan berarti tabungan tersebut diletakkan di sebuah tempat yang Anda sendiri harus berpikir berkali-kali untuk mengambilnya. Misalnya menaruhnya di rekening bank lain yang tidak terdaftar m-banking. Sehingga membuat Anda malas mengambil uang karena harus ke ATM. Dengan begini, Anda akan terhindar dari niat konsumtif.
  2. Tulis tujuan finansial pada kaleng atau celengan
    Jika Anda menabung dalam bentuk celengan di rumah, maka tulislah tujuan finansial yang membuat Anda bersemangat untuk menabung. Dengan begini, tiap kali Anda tergiur untuk mengambil uang tabungan, Anda akan membaca tulisan yang ada di celengan dan kembali tersadarkan bahwa tujuan finansial Anda belum tercapai maka harus lebih bijak menggunakan uang. Ingatlah mimpi dan cita-cita Anda saat menabung maka Anda tak akan mudah khilaf membuka celengan.
  3. Jangan Remehkan Recehan
    Menabung tak hanya berupa uang bernominal besar, Anda juga bisa melatih kebiasaan menabung dari uang receh yang Anda kumpulkan dalam celengan. Seperti yang dikatakan pepatah, "Sedikit-sedikit lama-lama jadi bukti". Itulah yang terjadi ketika Anda menabung uang receh. Daripada hilang atau tak sengaja terbuang, kumpulkan uang-uang receh itu dalam celengan. Lalu, tekuni kebiasaan ini hingga celengan penuh dan bisa menjadi uang ekstra untuk Anda gunakan sesuai kebutuhan.

    Itulah tiga cara menabung di rumah agar tidak diambil-ambil sekaligus sebagai cara untuk membentuk kebiasaan yang lebih baik terutama dalam hal menghargai dan memanfaatkan uang.

Selamat mencoba...!!!

 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.