Tips Agar Gak Ngantuk Saat Belajar, Biar Makin Rajin



   Karena kelelahan atau kurangnya tidur yang cukup, rasa kantuk yang tiba-tiba muncul, memang suka mengganggu banget, apalagi saat waktu belajar. Wah, sudah pasti bikin Kaka Teteh gagal fokus. Kaka Teteh pernah atau bahkan sering mengalami rasa kantuk? 

   Tapi bingung cara yang tetap sehat untuk membuat Kaka Teteh  terjaga? Dilansir dari berbagai sumber, tips-tips jitu di bawah ini ampuh lho mengusirnya, kira-kira apa saja ya? Lihat yuk!

1. Mendengarkan lagu favorit

   Yang ini ampuh banget lho untuk ngusir rasa kantuk Kaka Teteh. Putar lagu favorit  Kaka Teteh di sela-sela pembelajaran. Pilih lagu yang energetic agar semangat Kaka Teteh bisa meningkat kembali.

2. Peregangan kecil

   Salah satu penyebab rasa kantuk yang datang, mungkin karena tubuh Kaka Teteh kurang gerak. Beristirahatlah sejenak dan mulailah melakukan peregangan sekitar 5-10 menit. Mulai dari kepala sampai kaki, agar otot-otot Kaka Teteh menjadi lebih relax dan bisa kembali fokus.

3. Minum kopi

    Kopi terbukti ampuh banget untuk mengusir rasa ngantuk. Sambil belajar, kopi bisa jadi teman Kaka Teteh, agar kantuk dapat segera teratasi. Namun jangan terlalu sering mengkonsumsi minuman ini ya, kamu juga harus tahu batasan-batasannya agar kesehatan Kaka Teteh tetap terjaga.

4. Pencahayaan yang lebih terang

    Apakah cahaya di sekitar tempat belajar Kaka Teteh redup? 

   Jika iya, pindah ke tempat dengan pencahayaan lebih terang bisa Kaka Teteh lakukan. Namun bagi Kaka Teteh yang memang menyukai belajar dengan cahaya redup, sebenarnya gak masalah kok. Yang paling penting, cari tempat dan posisi ternyaman Kaka Teteh saat belajar.

5. Pilih waktu belajar yang tepat

    Kalau soal waktu, setiap orang memiliki waktu belajar favorit, baik itu pagi, siang, sore atau bahkan malam hari. Sekarang Kaka Teteh bisa cari tahu sebenarnya kapan waktu belajar yang sesuai dengan Kaka Teteh. Hal ini dapat menjadi poin penting, agar Kaka Teteh dapat fokus saat belajar dan gak ngantuk lagi.

6. Jangan duduk bersandar

    Posisi duduk lebih tegak sangat berpengaruh lho. Hal ini juga bikin Kaka Teteh gak merasa malas saat belajar. By the way, jangan belajar di tempat tidur ya, alih-alih ingin belajar, rasa kantuk yang mucul malah tambah parah dan jadinya Kaka Teteh ketiduran deh.

7. Cuci muka dengan air dingin

   Air dingin dapat membuang rasa kantuk Kaka Teteh jauh-jauh. Mata Kaka Teteh akan lebih segar dan siap untuk kembali fokus belajar. Bisa banget Kaka Teteh praktikin nih

8. Makan beberapa permen

   Saat mengunyah, otot-otot pada rahang akan bergerak. Dengan melakukannya, tanpa sadar, otak akan lebih berkonsentrasi dan hal ini dapat mengurangi rasa kantuk Kaka Teteh. Permen dengan rasa manis juga dapat meningkatkan mood Kaka Teteh agar lebih baik lho. Kalau Kaka Teteh khawatir dengan efek camilan yang kurang sehat, Kaka Teteh bisa menggantinya dengan buah atau sayur.

SEMOGA BERMANFAAT !!!

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.