ADSENSE

» » Tips Antisipasi dan Hadapi Gempa Bumi

Ilustrasi gempa bumi


KRAKATAURADIO.COM, PANDEGLANG - Gempa magnitudo 6,7 mengguncang Banten, pada Jumat (14/1/2022). Guncangan terjadi selama 30 detik.

    Gempa bumi yang terjadi pada pukul 16.05 WIB ini terasa hingga wilayah Jakarta dan Bogor hingga ke Bandung.

     Menurut informasi yang disampaikan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa terjadi di 52 kilometer Barat Daya Sumur-Banten.

"Kedalaman 10 kilometer," tulis BMKG, dikutip Jumat (14/1/2022).

    Sejumlah laporan juga mengungkapkan adanya warga di perkantoran dan perumahan yang berlari keluar gedung untuk mengamankan diri.

    Jika Kaka Teteh berada dalam situasi guncangan akibat gempa, berikut adalah beberapa hal yang harus dilakukan ketika terjadi gempa bumi :

1. Ketika Kaka Teteh merasakan gempa dan sedang berada dalam bangunan, lindungi badan dan kepala Kaka Teteh dari reruntuhan bangunan dengan bersembunyi di bawah meja, cari tempat yang paling aman dari reruntuhan dan guncangan. Jika memungkinkan, lari ke luar gedung untuk mencari tempat berlindung yang lebih aman.

2. Jika Kaka Teteh berada di luar bangunan atau area terbuka, hindari bangunan yang ada di sekitar Kaka Teteh seperti gedung, tiang listrik, dan pohon. Perhatikan juga tempat Kaka Teteh berdiri, hindari apabila terjadi rekahan tanah.

3. Jika gempa terjadi ketika Kaka Teteh sedang mengendarai mobil, segera keluar, turun dan menjauh dari mobil. Hindari juga kendaraan Kaka Teteh jika terjadi pergeseran atau kebakaran.

4. Jika gempa terjadi ketika Kaka Teteh berada di area pantai, jauhi pantai dan cari medan yang tinggi untuk menghindari bahaya tsunami.

5. Jika Kaka Teteh tinggal di daerah pegunungan, apabila terjadi gempa bumi hindari daerah yang mungkin terjadi longsoran.

SEMOGA BERMANFAAT ,TETAP BERDOA & TETAP WASPADA...!!!

About 93,7 Krakatau Radio

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply