ADSENSE

» » Tips Hemat Pemakaian Minyak Goreng Biar Gak Cepat Habis

5 Tips Hemat Pemakaian Minyak Goreng Biar Gak Cepat HabisIlustrasi minyak goreng bekas pakai.  

 

KRAKATAURADIO.COM - Minyak goreng saat ini sedang mengalami kelangkaan. Itu berimbas dengan kenaikan harga di pasaran. Sementara itu, minyak goreng menjadi kebutuhan pokok sehingga keberadaannya tak bisa lepas dari masyarakat.

Namun, jangan khawatir! Kaka Teteh bisa mengatasinya dengan menggunakan minyak secara cermat. Ada beberapa cara menggunakan minyak goreng agar lebih hemat. Cara ini bisa Kaka Teteh terapkan saat memasak bahan makanan apa saja.
Berikut lima tips hemat pemakaian minyak goreng agar tidak cepat habis.

1. Lakukan Metode Fry Pan

Langkah pertama yang dapat Kaka Teteh lakukan saat menggoreng adalah dengan menggunakan metode fry pan. Fry pan adalah metode menggoreng dengan tidak menggunakan minyak terlalu banyak. Dengan begitu, bahan makanan yang digoreng hanya tenggelam setengahnya saja, bukan keseluruhan.
Cara ini membuat Kaka Teteh jadi harus membolak-balikan makanan agar bisa matang sempurna. Meski butuh usaha lebih, metode ini ampuh untuk menghemat minyak. Selain itu, hasil gorengan pun tidak akan terlalu berminyak.

2. Gunakan Wajan Antilengket

Cara yang kedua Kaka Teteh bisa memasak menggunakan wajan antilengket untuk menggoreng. Ya, Kaka Teteh bisa menghemat minyak goreng jika menggunakan wajan anti lengket. Misalnya, saat hendak membuat telur dadar, Kaka Teteh tidak perlu memakai banyak minyak. Pasalnya, telur dadar pasti tidak akan lengket pada wajan anti lengket.

3. Pastikan Suhu Minyak Goreng

Pasti banyak di antara Kaka Teteh yang jarang memperhatikan suhu saat menggoreng. Karena suhu minyak goreng yang tidak sesuai dapat memengaruhi jumlah minyak yang terserap ke dalam makanan.
Suhu minyak untuk menggoreng umumnya berkisar antara 160-190 derajat celsius. Suhu ini bisa didapatkan menggunakan api kompor sedang. Namun, Kaka Teteh juga bisa memakai termometer untuk memastikan bahwa suhu minyak yang digunakan sudah tepat.

4. Gunakan Minyak Goreng Bekas untuk Menumis

Menumis merupakan metode masak yang menggunakan sedikit minyak. Nah, saat akan menumis sayur, Kaka Teteh bisa memanfaatkan minyak goreng bekas. Bahan makanan yang umum dijadikan tumis dengan minyak ini di antaranya aneka sayuran segar, tahu, atau nasi goreng.

5. Pakai Minyak Goreng Bekas untuk Menggoreng Ikan

Jika Kaka Teteh memiliki minyak goreng bekas yang masih layak pakai, Kaka Teteh dapat menggunakannya untuk menggoreng beberapa bahan makanan. Kaka Teteh dapat menggoreng bahan makanan dengan minyak bekas menggoreng tahu atau tempe. Misalnya, untuk dipakai menggoreng ikan, daging, atau ayam.

 

Itulah beberapa tips hemat penggunaan minyak goreng biar tidak cepat habis. Kaka Teteh bisa mencobanya dalam memasak sehari-hari. 

SELAMAT MENCOBA !!!

 

 

About 93,7 Krakatau Radio

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply