ADSENSE

» » Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Selama Bulan Ramadhan

Ilustrasi puasa ramadan.

Krakatauradio.com - Tips menjaga kesehatan tubuh selama bulan Ramadhan perlu dipahami setiap muslim. Hal ini agar kamu dapat terhindar dari berbagai macam penyakit saat berpuasa dan sebagai seorang umat Islam dapat beribadah dengan nyaman.

Tips menjaga kesehatan tubuh selama bulan Ramadhan ini tidak hanya berkaitan dengan makanan dan minuman yang harus dikonsumsi, namun juga kebiasaan sehari-hari. Walaupun berpuasa, kamu tetap harus melakukan berbagai aktivitas.

Memenuhi kebutuhan cairan tubuh dan mengonsumsi makanan bergizi seimbang adalah dua tips yang sangat penting dijalankan. Selain itu, mengatur jam istirahat dengan baik dan selalu melaksanakan makan sahur juga sangat penting dalam menjalan puasa Ramadhan. Hal ini akan membuat kamu lebih nyaman dalam menjalankan ibadah puasa.

Selama berpuasa, Kaka Teteh juga disarankan untuk menghindari makanan-makanan berlemak dan berminyak, serta menghindari merokok. Tak kalah pentingnya sebelum puasa Ramadhan yaitu Kaka Teteh sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu terkait dengan kondisi kesehatan Kaka Teteh .

Berikut rangkum dari promkes.kemkes.go.id dan berbagai sumber lainnya, tentang tips menjaga kesehatan tubuh selama bulan Ramadhan.


Memenuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Tips menjaga kesehatan selama bulan Ramadhan yang pertama yaitu dengan memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Hal ini karena saat berpuasa tubuh tidak kemasukan cairan selama lebih dari 12 jam. Keadaan ini meningkatkan risiko terjadinya dehidrasi yang dapat menyebabkan badan lemas, sakit kepala, sembelit, dan urine berwarna lebih pekat atau gelap.

Agar ibadah puasa tetap nyaman, Kaka Teteh wajib mengonsumsi air putih dalam jumlah cukup saat sahur dan berbuka. Caranya yaitu minum dua gelas air putih saat sahur, empat gelas saat berbuka, dan dua gelas sebelum tidur.


Konsumsi Makanan Bergizi Seimbang

Selain cairan, tubuh juga memerlukan gizi seimbang selama bulan puasa. Tips menjaga kesehatan selama bulan Ramadhan ini juga wajib diperhatikan. Pastikan Kaka Teteh mengonsumsi makanan bergizi seimbang atau yang mengandung karbohidrat, protein, dan serat ketika sahur maupun berbuka puasa agar tubuh tetap kuat beraktivitas selama puasa.

Selain itu, Kaka Teteh juga perlu menghindari untuk merokok. Merokok dapat memancing emosi seperti marah, gelisah, tidak sabar, dan sulit berkonsentrasi selama jam puasa. Untuk itu, puasa sering dijadikan alasan untuk hidup lebih sehat.


Jangan Tinggalkan Sahur

Tips menjaga kesehatan selama bulan Ramadhan yang tak kalah penting adalah selalu menyempatkan makan sahur. Jangan lewatkan makan sahur, karena tubuh memerlukan energi yang didapat saat makan sahur. Energi yang didapatkan saat sahur dapat membantu tubuh tidak mudah lelah ketika beraktivitas selama berpuasa.

Menu sahur yang dianjurkan untuk dikonsumsi harus terdiri dari karbohidrat, lemak, protein, vitamin, dan mineral. Tidak perlu dalam porsi besar, yang penting mencakup seluruh zat gizi yang disebutkan.  Perbanyak juga mengonsumsi serat seperti sayur dan buah agar tidak lemas selama puasa seharian.


Hindari Makanan Berlemak (Gorengan)

Kurangi makanan berlemak tinggi saat berbuka puasa dan makan sahur. Hal tersebut dikarenakan makanan yang mengandung gula dan lemak tinggi akan mudah diserap tubuh, sehingga rasa lapar lebih mudah terasa. Ketua Indonesian Hydration Working Group (IHWG), Dr. dr. Saptawati Bardosono M, Sc mengatakan, saat puasa, seseorang kehilangan banyak karbohidrat, protein dan air, tapi tidak untuk lemak.

Untuk itu, tidak dianjurkan makan gorengan saat buka puasa karena lemak akan bertambah dan bisa jadi ini alasan banyak orang gemuk setelah puasa. Padahal orang puasa harusnya beratnya turun. Selain itu, gorengan juga dapat membuat tenggorok bermasalah sehingga membuat ibadah puasa menjadi tidak nyaman. Tips menjaga kesehatan selama bulan Ramadhan ini harus benar-benar Kaka Teteh terapkan.


Mengatur Jam Istirahat                       

Tips menjaga kesehatan selama bulan Ramadhan lainnya adalah mengatur jam istirahat. Jika biasanya Kaka Teteh tidur larut malam dan bangun terlambat, mulailah mengatur waktu istirahat dari sekarang. Selama Ramadan kamu akan bangun lebih awal untuk sahur dan tidur setelah tarawih. Al-Arabiya melaporkan, tidur siang sekitar 15-30 menit saat puasa dianjurkan untuk memberikan energi hingga berbuka.


Tetap Beraktivitas

Berpuasa bukan berarti menjadi alasan untuk bermalas-malasan. Tubuh harus bergerak untuk menjaga metabolisme tubuh. Tetap beraktivitas fisik minimal 30 menit setiap harinya agar tubuh sehat, bugar, dan produktif. Bahkan, tips menjaga kesehatan selama bulan Ramadhan ini juga menganjurkan Kaka Teteh untuk tetap berolahraga ringan secara rutin.


Konsultasi Dokter

Jika Kaka Teteh memiliki penyakit kronis seperti diabetes, tekanan darah tinggi, atau refluks, mungkin sekarang waktu yang tepat untuk berkonsultasi dengan dokter agar Kaka Teteh aman berpuasa. Tips menjaga kesehatan selama bulan Ramadhan satu ini mungkin sering dianggap sepele, namun hal ini sangat penting diperhatikan sebelum melaksanakan puasa.


SEMOGA BERMANFAAT !!!

About 93,7 Krakatau Radio

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply