ADSENSE

» » Selama Liburan Lebaran, Wisatawan yang Berlibur ke Pandeglang Capai 400 Ribu

Plt Kepala Disparbud Pandeglang, Ramadani.

KRAKATAURADIO.COM, PANDEGLANG - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Pandeglang mengklaim jumlah wisatawan yang berlibur ke Pandeglang selama libur lebaran tahun 2022 sebanyak 400 ribu lebih orang. Tingkat kunjungan ke beberapa objek wisata yang ada di Pandeglang mengalami peningkatan cukup signifikan jika dibandingkan dengan 2 tahun sebelumnya.

 

Pelaksanaa tugas (Plt) Kepala Disparbud Pandeglang, Ramadani mengatakan, pada libur lebaran tahun ini tingkat kunjungan meningkat sekitar 75 persen jika dibandingkan tahun 2020 dan 2021 kemarin. Hal ini, kata dia, dipengaruhi oleh kebijakan pemerintah pusat yang memperbolehkan warganya mudik lebaran dan penurunan angka Covid-19.

 

“Jika dibandingkan dengan 2 tahun terakhir peningkatan kunjungan wisata ke Pandeglang tahun 2022 cukup signifikan. Hal ini juga memberikan harapan buat masyarakat di sekitar objek wisata untuk berjualan,” kata Ramadani.

 

Disparbud, lanjut dia, mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang terlibat dalam pengamanan libur lebaran, diantaranya Direktorat Pengamanan Objek Vital (Ditpamobvit) Polda Banten, Polres Pandeglang, Kodim 0601/Pandeglang, Dinas Perhubungan, Satpol PP, Basarnas, BPBD, BMKG, Pos Pengamat Gunung Anak Krakatau, Balawista, PMI dan seluruh pengelola objek wisata di Pandeglang.

 

“Alhamdulillah capaian kunjungan kurang lebih 400 ribu orang selama musim libur lebaran kali ini merupakan kerja keras kita semua demi kemajuan pariwisata di Kabupaten Pandeglang. Sekali lagi terima kasih banyak kepada rekan-rekan yang telah banyak membantu sehingga pariwisata di Pandeglang menjadi objek wisata yang cukup memiliki daya tarik sehingga dengan tingkat kunjungan yang paling banyak se Provinsi Banten,” ujarnya.

 

Ramadani membeberkan, kunjungan wisata ke Kabupaten Pandeglang tahun ini di dominasi oleh pengunjung dari luar Pandeglang.

 

“Kalau sebagian besar dari Jabodetabek dan sekitarnya karena kalau lihat nomor kendaraannya rata-rata leter B semua. Mungkin kalau warga sekitar bisa kapan saja sedangkan yang luar Pandeglang sekalian silaturahmi dengan keluarga disini sambil liburan,” terangnya.

 

Ia mengakui, objek wisata di Pandeglang di dominasi oleh wisata Tirta atau wisata air. Akan tetapi banyak juga tempat wisata lain yang masih bisa dikunjungi oleh wisatawan jika tidak ingin berkunjung ke lokasi wisata air salah satunya wisata ke pegunungan.

 

Baca: Erick Thohir Ingin Pesantren sebagai Tonggak Ekonomi Umat Tumbuhkan Perekonomian

 

Baca: Bupati Irna: TMMD di Patia Permudah Aksesibilitas Masyarakat

 

Sementara itu, Ketua umum Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista), Ade Ervin mengatakan, berdasarkan data kunjungan, Kabupaten Pandeglang menjadi favorit wisatawan selama libur lebaran tahun ini.

 

“Jumlah kunjungan wisatawan ke Kabupaten Pandeglang mencapai 472.082 orang, disusul Kabupaten Lebak 219.621 orang, Kabupaten Serang 216.173 orang, Kabupaten Tangerang 199.558 orang, Kota Serang 120.696 orang dan Kota Cilegon 62.662 orang,” terang dia seperti dikutip rri.co.id.

 

Ia menyebut metode penghitungan kedatangan wisatawan dihitung dari pengunjung yang datang di setiap lokasi objek wisata. Apalagi dalam libur lebaran, kata dia, adanya tim siaga wisata yang salah satu tugasnya melakukan pendataan kunjungan wisatawan. (Mudofar)

About 93,7 Krakatau Radio

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply