ADSENSE

» » 4 Jajanan Pinggir Jalan Khas Indonesia Masuk Daftar 50 Jajanan Terbaik Asia Versi CNN

Gado - Gado 

Krakatauradio.com, Jakarta - Kuliner Indonesia terkenal karena cita rasanya yang khas. Kombinasi bumbu dan bahan makanan utama yang beraneka ragam di setiap daerah menghasilkan makanan khas Indonesia yang tiada duanya, termasuk jajanan pinggir jalan.

Keunikan tersebut membuat media luar negeri kerap memasukkan makanan Indonesia dalam berbagai daftar makanan terbaik di Asia maupun di dunia. Yang terbaru, CNN memasukkan empat makanan khas Indonesia dalam daftar jajaran street food atau jajanan terbaik Asia, yang di dalamnya terdapat 50 makanan dari segala penjuru Asia.

Dilansir dari laman resminya, Selasa (23/8/2022), CNN menjelaskan bahwa 50 makanan yang terdapat dalam daftar ini merupakan street food yang wajib dicoba oleh semua traveler dunia ketika berkunjung ke setiap wilayah di Asia. Daftar 50 jajanan terbaik ini tidak dibuat sesuai urutan atau peringkat tapi hanya berdasarkan abjad nama makanan.

Namun mereka menambahkan, daftar makanan atau jajanan pinggir jalan yang ada di daftar tersebut hanya sebagian kecil dari tradisi makanan dan kuliner luar biasa yang dimiliki Asia. Berikut empat jajanan khas Indonesia yang masuk dalam daftar 50 Jajanan Terbaik Asia 2022.

 

1. Gado-Gado

Bisa dikatakan gado-gado merupakan kuliner yang menyehatkan dan memiliki kekhasan sendiri, mulai dari cara penyajian hingga isian dan saus kacang, di setiap daerah di Indonesia. Namun, yang menarik adalah semua gado-gado dari berbagai daerah rasanya bakal menggoyang lidah.

Bergantung dari daerah pembuatannnya, gado-gado secara umum memiliki isian sayur-sayuran segar seperti kubis, kacang, bayam, tauge, kentang, tahu, tempe dan telur serta lontong, yang diguyur dengan saus kacang yang pekat. Sebagai tambahan, ada yang dilengkapi dengan kerupuk udang, emping maupn jenis kerupuk lainnya. 

 

2. Getuk

 
Getuk
 

Getuk termasuk salah satu camilan manis yang mudah ditemukan di Jawa Timur, Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Kuliner ini dijual dengan berbagai metode, bisa menggunakan gerobak keliling yang dipasangi sound system sederhana, atau membuka lapak kecil di trotoar atau pasar.

Getuk atau kue getuk terbuat dari ketela dan kelapa, yang memiliki berbagai cita rasa yang lembut dan manis. Saat ini, rasa yang ditawarkan sudah memiliki rentang yang cukup luas, dan pastinya semakin menarik untuk dinikmati.

 

3. Kerak Telor

Dalam sejarahnya, konon kerak telor merupakan makanan khas Betawi yang tercipta di zaman penjajahan Belanda, dan dibuat dari bahan-bahan seadanya, seperti telor bebek, tepung beras, parutan kelapa serta tambahan ebi kering dan cabai. Namun, makanan ini terbukti bisa bertahan dan menjadi favorit, tidak hanya warga Betawi dan Jakarta, tapi juga para pendatang.

 

4. Rujak

Tidak hanya gado-gado, rujak juga menjadi kuliner khas Indonesia yang memiliki banyak peminat. Aslinya salad buah ini berasal dari Jawa Timur, yang kemudian berkembang di Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Barat dan juga Jakarta sampai akhirnya ke seluruh Indonesia dengan sentuhan yang berbeda-beda.

Anda juga bisa menemukan rujak di Malaysia dan Singapura. Ada banyak varian buah yang menjadi isian rujak, mulai dari nanas, bengkoang, mangga muda, timun, hingga tambahan tahu dan tempe goreng.

Di sejumlah daerah di Jawa Timur, seperti Surabaya dan sekitarnya, Anda bahkan bisa menemukan rujak dengan tambahan suwiran atau potongan hidung sapi atau tulang rawan telinga sapi bahkan kikil, yang biasa disebut rujak cingur. Dengan saus kacang yang manis, gurih dan pedas, Anda akan mendapatkan sensasi rasa yang luar biasa.

 

Negara Asia Lainnya

Adapun makanan street food lainnya yang masuk dalam daftar 50 Jajanan Terbaik Asia versi CNN ini antara lain Achcharu dan hoppers dari Sri Lanka, Asam Laksa dari Malaysia, Banh Mi dari Vietnam, Bubble Tea dari Taiwan, Bun Kebab dari Pakistan. Lalu ada Chili Crab dari Singapura, Crab Omelet dan Khao Soi dari Thailand, Halo-halo dan Kwek kwek dari Filipina, Kimbap dari Korea Selatan, dan masih banyak lagi jajanan lainnya.

Pada Juli lalu, kuliner khas Indonesia juga masuk dalam daftar makanan terbaik di dunia. Kue putu masuk dalam daftar 100 Most Popular Cakes in the World (100 Kue Terpopuler di Dunia) dan 100 Best Rated Cakes in the World (100 Kue Terbaik di Dunia) yang dibuat oleh TasteAtlas.

Kue putu berada di peringkat 86 dalam 100 Most Popular Cakes in the World, dan 52 untuk 100 Best Rated Cakes in the World. "Adonan tersebut secara tradisional dikukus dalam tabung bambu, sementara bagian tengah kue diisi dengan gula aren. Saat dikukus, kue ini biasanya ditaburi kelapa parut segar," tulis Taste Atlas yang dikutip dari laman resmi mereka, Rabu, 13 Juli 2022.

About 93,7 Krakatau Radio

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply