ADSENSE

» » 5 Tempat Wisata di Pandeglang

https://mytrip123.com/wp-content/uploads/2020/08/tempat-wisata-di-pandeglang.jpg 

 

Krakatauradio.com, Pandeglang - Tempat wisata di Pandeglang merupakan yang terbaik di Indonesia setelah Bali. Pesona alam yang disuguhkan sangat lengkap. Ada pantai. curug, pulau, mata air, sungai, hingga taman nasional. Tidak heran bila kota ini mendapatkan julukan sebagai Kota Badak.

Nama Pandeglang sendiri diambil dari dua kata. Pandai dan Gelang yang artinya adalah tempat menempa gelang. Menurut legenda si Amuk, pada zaman kesultanan Banten terdapat tukang pandai atau besi yang cukup terkenal.yang bertempat tinggal di Desa Kadupandak.

Sultan Banten menyuruhnya untuk membuat sebuah gelang meriam. Dimana, banyak pandai besi yang tidak sanggup. Ada juga yang menyebut nama kota ini berasal dari Paneglaan yang artinya tempat untuk melihat kemana-mana.

Terlepas dari asal-usul nama kota yang juga disebut kota santri ini. Pandeglang punya banyak lokasi wisata yang harus anda kunjungi. Pesonanya membuat sebuah kenangan yang sulit untuk anda lupakan. Berikut ini, adalah rekomendasi tempat menarik di Pandeglang yang bisa anda kunjungi.

 

1. Gunung Pulosari

gunung pulosari pandeglangGunung Pulosari Pandeglang

Tidak banyak yang tahu bila di Banten juga punya Gunung. Walaupun, bukan 7 summit di Indonesia. Namun, layak untuk dikunjungi terlebih lagi bagi Kaka Teteh seorang pemula. Ketinggiannya, hanya 1364 Mdpl dengan track yang cukup menantang. Siapkan tenaga lebih agar bisa sampai di puncak.

Biasanya untuk bisa naik ke atas diperlukan waktu kurang lebih 2 jam sampai 5 jam lamanya. Siapkan perbekalan yang cukup terutama soal air minum dan makanan. Peralatan gunung yang lengkap. Karena, Kaka Teteh akan melewati tanjakan yang cukup menguras tenaga.

Pemandangan Gunung Pulosari ini sendiri cukup menarik. Dimana, perbukitan di sekitarnya tampak indah dan menawan. Terasa spesial karena, Kaka Teteh bisa menaklukkan diri sendiri untuk bisa sampai ke puncaknya. Olahraga sebelum ke Gunung adalah hal yang paling penting yang harus Kaka Teteh lakukan.

 

2. Mata Air Citaman

You are currently viewing Kolam Citaman, Kolam Suci Megalitik di Kaki Gunung PulosariKolam Renang Mata Air Citaman ( Pandeglang )

Mata air Citaman ini merupakan situs purbakala yang konon usianya sudah bisa mencapai 2500. Terletak di Jl. Raya Jiput, Sukasari, Pulosari, Kabupaten Pandeglang. Keunggulan tempat ini adalah warna airnya yang sangat jernih biru kehijauan. Layaknya, air di pegunungan anda harus siap dengan suhunya yang sangat dingin tetapi, menyegarkan.

Tidak hanya untuk berenang saja, tempat ini juga bisa digunakan untuk spot foto underwater lho. Dengan pemandangan bebatuan. Untuk harga tiket masuknya sendiri anda akan dikenakan biaya Rp5.000,-. Ditambah dengan parkir kendaraan sebesar Rp 5.0000 untuk motor dan Rp10.000 bagi yang menggunakan mobil.

Fasilitas lain yang ada disini pun cukup menarik dengan hadirnya ban dan perahu karet dengan harga sewa Rp 5.000,-. Jangan lupa bawa perbekalan dari rumah ya. Karena, belum banyak warung yang tersedia disini.

 

3. Batu Quran

Pemandian dengan air yang sangat jernih Batu Qur'an ( Pandeglang - Banten )

Tempat wisata di Pandeglang ini berjarak 300 meter dari Cikoromoy. Terletak di kaki Gunung Karang tepatnya berada di Desa Kadu Bumbang, Kecamatan Cimanuk. Seperti, namanya tempat ini mempunyai pesona berupa tulisan Al-Qur’an yang ada di atas sebuah batu.

Menurut cerita, batu ini merupakan pijakan kaki dari Syekh Maulana Mansyur, saat hendak pergi ke Makkah. Setelah pulang dari tanah suci, muncul sebuah mata air yang tidak pernah berhenti airnya terus keluar. Kemudian, beliau mengambil Al Qur’an agar menghentikan laju airnya.

Salah satu alasan mengapa tempat ini sering menjadi kawasan favorit adalah suasananya yang dingin dan menyegarkan. Kaka Teteh bisa berendam dan berenang di kolam yang airnya sangat jernih. Tidak heran bila banyak wisatawan yang membawa botol dan dijadikan sebagai oleh-oleh.

 

4. Curug Gendang

tempat wisata di pandegalangCurug Gendang ( Carita Pandelang Banten )

Curug Gendang salah satu pesona air terjun di Pandeglang dengan ketinggian 7 meter. Dibawahnya terdapat kolam dengan kedalaman mencapai 13 meter. Dengan luas mencapai 10 meter. Pemandangan di sekitarnya memang terlihat menawan. dengan pemandangan pepohonan yang hijau dan asri.

Udara sejuk menjadi daya tarik utama wisatawan untuk berdiam diri disini. Konon, kawasan ini sebagai tempat untuk melakukan persembunyian para pahlawan dari peristiwa G30SPKI.

Dari area parkiran menuju ke lokasi Kaka Teteh harus jalan kaki kurang lebih 1 km jauhnya. Sepanjang perjalanan, Kaka Teteh akan disuguhkan dengan beberapa tanaman dan pepohonan seperti durian yang tumbuh liar. Bila Kaka Teteh beruntung, anda bisa memetiknya dan menikmatinya lho.

Untuk harga tiket masuknya hanya Rp10.000 saja. Sudah tersedia dengan berbagai macam fasilitas seperti toilet, warung makan, homestay, mushola yang terjaga dengan baik dan juga bersih.

  

5. Pantai Tanjung Lesung

Info Wisata Pantai Tanjung Lesung: Lokasi, Rute, Harga Tiket, dan TipsPantai Tanjung Lesung ( Pandeglang - Banten )

Wisata di Pandeglang ini mempunyai hamparan pasir putih yang mempesona dimana, Kaka Teteh bisa menemukan kerang-kerang yang terdampar. Pepohonan tinggi menjulang di sepanjang bibir pantai. Kaka Teteh bisa memanfaatkannya untuk berteduh bila berkunjung saat malam hari, tidak salah juga untuk bawa hammock, agar lebih menikmati pesonanya.

Aktivitas lain yang bisa Kaka Teteh lakukan adalah diving dan snorkeling. Di sini sudah tersedia semua peralatan lengkapnya lho. Kaka Teteh tinggal membayarnya uang sewanya mulai dari Rp100.000. Menariknya lagi, kawasan ini menjadi pusat penangkaran di Banten.

Untuk bisa melihatnya, Kaka Teteh perlu pergi ke tengah-tengah dengan menggunakan perahu nelayan yang sudah disiapkan. Jangan lupa untuk mempersiapkan kamera, karena pesona senjanya menjadi salah satu alasan mengapa banyak wisatawan lebih suka datang pada sore hari.

Tidak afdol rasanya, bila tidak camping di Pantai Tanjung Lesung. Pesona laut dan suara ombak di malam hari memang begitu menggoda. Terakhir, jangan lewatkan membeli souvenir di Kampung Ciponan ya. Di sana Kaka Teteh bisa melihat hasil karya seni patung badak bercula satu yang menjadi ikon wisata Pandeglang.
Lokasi Pantai Tanjung Lesung terletak di Tanjungjaya, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang.. Untuk harga tiket masuknya, Kaka Teteh akan dikenakan biaya sebesar Rp20.000,- sampai Rp40.000,- .


Masih Banyak lagi Tempat Wisata yang ada di Pandeglang - Banten . Jika Kaka Teteh Penasaran, ayo datang langsung ke Pandeglang Banten.

 

About 93,7 Krakatau Radio

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply