ADSENSE

» » Pendaftar Panwascam Pandeglang Tahun Ini Paling Banyak Dibandingkan Pemilu Sebelumnya

Ketua Bawaslu Pandeglang, Ade Mulyadi.

KRAKATAURADIO.COM, PANDEGLANG - Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pandeglang, Ade Mulyadi mengaku, jumlah pendaftar panitia pengawas kecamatan (Panwascam) dalam Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 lebih banyak jika dibandingkan dengan jumlah pendaftar di Pemilu sebelumnya.

 

“Kalau antusiasme pendaftar ya dibuktikan dengan banyaknya pendaftar yang melebihi tahun kemarin itu ya. Tahun kemarin itu kan hanya 540, sekarang udah 606. Artinya antusiasme warga untuk mendaftar ini cukup tinggi, cuma mungkin karena yang daftarnya kebanyakan laki-laki ini yang perempuannya belum terpenuhi 30 persennya,” kata dia.

 

Apalagi, kata dia, jumlah tersebut belum ditotal dengan jumlah pendaftar Panwascam yang diperpanjang, karena keterwakilan perempuan belum mencapai 30 persen.

 

“Jadi awalnya kami memahami bahwa 30 persen itu dari kebutuhan, ternyata (bawaslu) RI mengintruksikan bukan dari jumlah kebutuhan tetapi dari jumlah pendaftar. Jadi walaupun ada 100 pendaftar perempuannya belum mencapai 30 persen dalam 1 kecamatan itu tetap harus diperpanjang,” ujarnya.

 

Namun berdasarkan data pendaftaran Panwascam dalam pekan kemarin, total pendaftar Panwascam telah mencapai 606 orang.

 

Adapun kategori pendaftar mulai dari kategori jenis kelamin, pendidikan dan pekerjaan. Untuk kategori pekerjaan, diketahui terdapat sebanyak 17 orang statusnya ASN baik PNS/PPPK di lingkungan Pemkab Pandeglang.

 

Selain itu, wiraswasta terdapat sebanyak 348 orang, pelajar atau mahasiswa sebanyak 32 orang, Perangkat Desa (Perades) sebanyak 11 orang, BUMN nol, Petani atau buruh tani sebanyak 6 orang, pegawai honorer sebanyak 170 orang, dan pengurus rumah tangga sebanyak 22 orang.

 

Baca: PWI Pandeglang Segera Gelar Konferensi, Yanadi Siap Maju Sebagai Calon Ketua

 

Baca: Kebakaran di Rumah Kades Rancateureup, Korban Terjaga Saat Dengar Suara Genteng Pecah

 

Sementara, kategori pendidikan pendaftar diantaranya, pendaftar berijazah SMA atau sederajat sebanyak 200 orang, latar belakang pendidikan D1/D2/D3/D4 sebanyak 14 orang, S1 sebanyak 378 orang, S2 sebanyak 14 orang dan S3 nol.

 

Adapun untuk kategori jenis kelamin, pendaftar Panwaslu Kecamatan diantaranya pendaftar laki-laki, sebanyak 520 orang dan perempuan sebanyak 86 orang. 

 

Untuk pendaftar dari sebanyak 35 kecamatan di Pandeglang, diketahui pendaftar terbanyak yaitu dari Kecamatan Menes, dengan jumlah sebanyak 30 orang, diantaranya pendaftar laki-laki sebanyak 24 orang dan perempuan sebanyak 6 orang. (Mudofar)

About 93,7 Krakatau Radio

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply