Keren! Universitas Terbuka Raih Peringkat Pertama Satuan Kerja dengan Capaian IKPA Tertinggi

Wakil Rektor Bidang Keuangan dan Umum, Prof. Dr. Ali Muktiyanto, M.Si (kedua dari kiri) menerima penyerahan penghargaan Satker BLU IKPA Tertinggi Lingkup Kanwil DJPb Provinsi Banten.

KRAKATAURADIO.COM, SERANG - Universitas Terbuka (UT) mendapatkan prestasi dan apresiasi dari Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan (Kanwil DJPb) Provinsi Banten atas diraihnya peringkat pertama satuan kerja (Satker) dengan Indikator Pelaksanaan Kinerja Anggaran (IKPA) tertinggi triwulan III tahun 2022 Kategori Satker Badan Layanan Umum (BLU). Universitas terbuka memperoleh nilai IKPA tertinggi yaitu 90,63.

 

Penghargaan itu disampaikan langsung oleh Plt. Kakanwil DJPb Provinsi Banten, Mohammad Dody Fachrudin di Aula Kanwil DJPb Provinsi Banten, Kota Serang, Banten. Pemberian penghargaan dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan evaluasi APBN bertajuk Stakeholder’s Day berupa Service Excellence dan evaluasi pelaksanaan APBN 2022.

 

Wakil Rektor Bidang Keuangan dan Umum Prof. Dr. Ali Muktiyanto, M.Si. yang hadir mewakili Rektor UT didampingi oleh Kepala UPBJJ – UT Serang Dr. Maman Rumanta, M.Si, menyampaikan kiat UT sehingga dapat meraih anugerah tersebut. Kata dia, secara berjenjang, sistemik dan sistematis, UT menyusun perencanaan dan anggaran tahunan berbasis kinerja (performance).

 

Ia menambahkan, selanjutnya untuk mencapai efektivitas, efisiensi dan ekonomis serta produktivitas anggaran, UT mengoptimalkan perencanaan dan prognosis triwulanan sebagai monitoring dan evaluasi (monev) pelaksanaan dan realisasi kegiatan dan anggaran pada keseluruhan unit UT se-Indonesia.

 

“Salah satu tantangan yang nyata adalah pengelolaan anggaran tahunan yang sangat besar. Namun, sebagaimana disampaikan oleh pihak Kanwil DJPb Provinsi Banten, bahwa UT tidak memiliki kendala dalam pelaporan pengesahan pendapatan dan belanja secara periodik. Bahkan pada akhir tahun, frekuensi pengesahan tersebut dilakukan lebih intensif,” kata dia.

 

Baca: Peringati Hari Koperasi, Diskoperindag Pandeglang Akan Gelar Jalan Sehat Berhadiah Motor dan Hiburan

 


Pihaknya menyampaikan terima kasih kepada seluruh pejabat unit beserta penjabat pengelola keuangan unit serta seluruh pegawai yang telah bekerja keras, berdedikasi, berkomitmen, dan berkesungguhan yang disertai doa dalam menjalankan amanah pengelolaan keuangan UT.

 

“Untuk kesekian kalinya UT mendapatkan pengakuan dan penghargaan dari publik dan stakeholders. Atas capaian prestasi ini, universitas terbuka kedepannya diharapkan dapat tetap mempertahankan layanan service excellent, khususnya dalam pengelolaan keuangan secara akuntabel dan transparan,” ungkapnya.

 

Menurut dia, dalam menghadapi tantangan kedepan dimana seiring perubahan status menjadi PTNBH, UT diharapkan dapat menerapkan tata kelola keuangan yang otonom dalam kerangka Good University Governance. (Mudofar)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.