ADSENSE

» » Syarat Lolos 16 Besar Piala Dunia 2022 dari Grup C: Argentina Belum Aman, Meksiko Punya Peluang

Lionel Messi menyumbangkan satu gol saat Timnas Argentina menang 3-1 atas Venezuela pada laga ke-17 kualifikasi Piala Dunia 2022 zona CONMEBOL di Estadio Alberto J. Armando, Sabtu (26/3/2022) pagi WIB. (AP Photo/Natacha Pisarenko)

 

KRAKATAURADIO.COM, JAKARTA -  Masing-masing kontestan Piala Dunia 2022 sudah merampungkan 2 pertandingan babak grup. Beberapa negara sudah mengamnkan tiket ke babak gugur.

Khusus di Grup C yang dihuni Polandia, Argentina, Arab Saudi dan Meksiko masih belum menelurkan negara-negara yang akan lanjut ke babak 16 besar Piala Dunia. Sebab, kans dari 4 negara ini masih terbuka.

Terkini, pemuncak klasemen Grup C dihuni oleh Polandia. Dari dua laga, mereka mengantongi 4 poin hasil sekali menang dan sekali imbang.

Di bawah Polandia, ada Timnas Argentina. Tim Tango ada di urutan kedua dengan raihan 3 poin hasil satu kemenangan dan satu kekalahan.

Adapun di posisi ketiga, dihuni oleh Arab Saudi. Sempat menggegerkan dunia lantaran mengalahkan Argentina di matchday perdana grup, mereka kemudian kalah di laga kedua. Alhasi, mereka mengantongi 3 poin di bawah Argentina karena kalah selisih gol.

Di posisi keempat ada Timnas Meksiko. Sempat bermain imbang dengan Polandia di laga pembuka, mereka kalah di laga kedua kontra Argentina. Kini, mereka baru mengumpulkan satu poin.

Tapi, untuk lolosnya mereka ke babak 16 besar masih akan ditentukan di babak pemungkas grup. Jika saling mengalahkan, sesuai regulasi Piala Dunia 2022, akan terpilih dua tim teratas dengan nilai tertinggi.

 

Skenario Polandia

Timnas Polandia kini memang berada di puncak klasemen. Tapi, asa mereka ke babak 16 besar bisa dalam skenario berikut:

Terdekat, Polandia akan menjamu Argentina. Duel dua negara ini akan tersaji di Stadium 974 Ras Abu Aboud pada Kamis (1/12) dini hari WIB.

Polandia wajib menang untuk mengamankan tiket ke 16 besar. Dengan demikian, mereka akan berstatus juara grup dengan perolehan 7 poin.

Jika imbang, mereka masih berpeluang untuk lolos ke babak 16 besar. Mereka bisa juara grup asalkan Arab Saudi mengalahkan Meksiko di waktu yang sama.

Jika kalah, kans Polandia untuk lolos bergantung pada hasil Arab Saudi vs Meksiko. Bila dua tim ini bermain imbang, Polandia lolos sebagai runner-up meski punya nilai yang sama dengan Arab Saudi.

Sebab, menilik aturan FIFA jika dua tim atau lebih dengan poin yang sama akan diberlakukan:

1. Selisih gol grup secara keseluruhan

2. Gol yang dicetak

3. Hasil head to head

4. Selisih gol pada semua laga tim yang punya poinnya sama.

5. Gol yang dicetak pada semua pertandingan tim yang poinnya masih sama

6. Poin fair play

7. Undian.

 

Seknario Argentina

Argentina akan menjalani laga hidup mati di matchday ketiga Piala Dunia 2022. Jika kalah, tempat Tim Tango di babak 16 besar bergantung pada skenario berikut:

Argentina kini mengantongi 3 poin di posisi kedua. Jika menang, mereka akan ketambahan tiga poin dan secara keseluhan mengumpulkan 6 poin. Di titik ini, kans lolos ke babak 16 besar terbuka.

Namun, untuk posisi di klasemen akhir, Argentina kudu menunggu hasil Arab Saudi vs Meksiko. Sebab, jika Arab Saudi yang menang, Argentina akan berada di posisi runner-up karena kalah head to head.

Jika imbang, Argentina masih berpeluang lolos sebagai runner-up. Namun, mereka harus mengharapkan Meksiko menang atas Arab Saudi.

Jika kalah, tak ada alasan buat Argentina untuk tetap di Qatar. Sebab, jika menggantungkan hasil pada Arab Saudi vs Meksiko, Argentina tetap tidak lolos. Sebab:

Jika Arab Saudi mengalahkan Meksiko, mereka akan lolos ke babak 16 besar. Sementara Jika Meksiko menang atas Arab Saudi, mereka yang akan lolos menemani Polandia.

Argentina menantang Polandia selaku juara grup. Merujuk jadwal, duel dua negara ini akan tersaji di Stadium 974 Ras Abu Aboud pada Kamis (1/12) pukul 02:00 dini hari WIB.

 

Sekenario Arab Saudi

Arab Saudi akan menjalani laga hidup mati di laga pemungkas Grup C. Pilihan wakil Asia ini tak banyak untuk bisa lolos ke babak 16 besar. Berikut skenarionya:

Arab Saudi kini ada di urutan ketiga dengan 3 poin. Jika ingin lolos ke babak gugur mereka harus menang agar perolehan nilai mereka menjadi 6.

Namun, menang saja tidak cukup. Sebab, mereka kudu menunggu hasil Argentina vs Polandia yang juga sama-sama berebut tiket ke babak gugur.

Jika Argentina menang, pupus sudah asa Arab Saudi ke babak 16 besar. Sebab, yang akan lolos adalah Argantina dan Polandia.

Jika Argentina kalah, Arab Saudi berhak lolos sebagai runner-up. Sebab, perolehan mereka tak akan lagi terkejar.

Dan jika Arab Saudi kalah, mereka sudah tak lagi bisa berlaga di babak 16 besar. Sebab, secara perolehan nilai, mereka juga akan merosot ke peringkat 4.

Arab Saudi akan menantang Meksiko di matchday pemungkas Grup C. Laga ini akan dihelat di Lusail Stadium, Kamis (1/12) pukul 02:00 dini hari.

 

Skenario Meksiko

Meksiko kini memang ada di urutan 4 dengan 1 poin. Namun, asa mereka untuk lolos ke babak 16 besar masih ada. Syaratnya seperti apa?

Meksiko wajib menang. Dengan begini mereka akan mengumpulkan 4 poin dan ntuk sementara, kans mereka lolos ke babak 16 besar sudah terwujud.

Namun, menang saja tak cukup. Meksiko harus menunggu hasil Argentina vs Polandia. Jika Argentina menang, mereka harus melihat skor akhir pertandingan terlebih dahulu. Sebab, di laga kontra Polandia, Meksiko bermain imbang tanpa gol.

Sebab, menilik aturan FIFA jika dua tim atau lebih dengan poin yang sama akan diberlakukan:

1. Selisih gol grup secara keseluruhan

2. Gol yang dicetak

3. Hasil head to head

4. Selisih gol pada semua laga tim yang punya poinnya sama.

5. Gol yang dicetak pada semua pertandingan tim yang poinnya masih sama

6. Poin fair play

7. Undian.

Bagaimana jika kalah? Ini sudah tak perlu dipertanyakan lagi. Sebab, kalah atau imbang, mereka akan mengepak koper lebih awal di Piala Dunia 2022.

 


 

About 93,7 Krakatau Radio

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply