God Bless Rilis Single baru Berjudul Semesta Jelang Usia Band ke-50 Tahun

God Bless Rilis Single baru Berjudul Semesta Jelang Usia ke-50 Tahun
God Bless Rilis Single baru Berjudul Semesta Jelang Usia ke-50 Tahun. (ist)

 

KrakatauRadio.com, Jakarta - Band legendaris God Bless masih terus berkarya untuk dunia musik Tanah Air. Memasuki usia yang ke-50 tahun, God Bless masih tetap produktif.

Setelah berturut-turut merilis single “Untuk Indonesiaku” (2020) dan “Mulai Hari Ini” (2021), di penghujung tahun 2022 ini God Bless telah siap meluncurkan single terbaru berjudul “Semesta”. Untuk pertama kalinya, God Bless akan mulai merambah ke dunia web3 dengan meluncurkan FMA (Fractional Music Asset) perdananya

God Bless berkolaborasi dengan Netra, platform royalty-sharing FMA musik pertama yang memanfaatkan teknologi blockchain di Asia. Teknologi FMA memungkinkan musisi Indonesia maupun internasional dapat menawarkan kepemilikan dan hak royalti atas karya musik mereka dalam bentuk aset digital ke para penggemarnya.

Kelak pemilik FMA single “Semesta” akan turut mendapat royalti, karena Netra juga menawarkan sistem royalty sharing atau “listen-to-earn”, di mana pemilik FMA akan dibayar setiap kali ada yang mendengarkan lag tersebut

 

Fractional Music Asset

“FMA merupakan format music kekinian yang sangat menantang,” kata Fajar Satritama dalam konferensi pers perilisan single “Semesta” yang diadakan di Melodia Pondok Indah, Jakarta, Jumat (16/12).

Sementara Denny MR, selaku perwakilan dari manajemen God Bless, menegaskan bahwa sebagai band yang telah melalui jatuh bangunnya industri musk panggung dan rekaman, God Bless selalu merespons setiap perkembangan teknologi rekaman, mulai dari cakram piringan hitam, kaset, CD dan kini FMA.


Proses Kreatif

Adapun utnuk penggarapan aransemen single “Semesta”, God Bless bekerja sama dengan Tohpati, musisi dan arranger berbakat yang juga dipercaya sebagai penata musik untuk album 50 tahun God Bless, yang sedang dalam proses penggarapan. Untuk itu, Tohpati dijadwal bertolak menuju ke Praha, Republik Ceko, Januari 2023, dalam rangka melakukan proses rekaman bersama Czech Philharmonic Orchestra.

Album 50 Tahun God Bless tersebut juga akan menjadi momen kembali bekerjasamanya God Bless dengan Hendra Lie, yang tidak lain merupakan manajer pertama God Bless pada era awal tahun 70-an, dan kali ini akan bertindak sebagai ekeskutif produser. Berbeda dengan tema lagu-lagu sebelumnya yang kerap mengangkat tema sosial, lingkungan, humanisme atau persahabatan, tema “Semesta” ini adalah ungkapan rasa syukur atas perjalanan panjang yang telah dilalui God Bless.

Bahwa hidup adalah ruang waktu sangat singkat yang harus diisi oleh segala hal yang bermanfaat. Dalam frasa sederhana, “Semesta” berisikan intisari suka-duka perjuangan para musisi yang pernah dan sedang berada di pusaran karir God Bless. "Semesta" adalah karya bersama Ian Antono dan Fajar Satritama, serta Ali Akbar sebagai penulis liriknya.Selain peluncuran FMA perdananya, single “Semesta” menjadi langkah awal menuju selebrasi 50 Tahun God Bless pada 2023.


Harapan

Sebagai catatatan, band rock yang saat ini diperkuat oleh Achmad Albar (vokal), Ian Antono (gitar), Donny Fattah (bass),Abadi Soesman (Keyboard), dan Fajar Satritama (drum) ini, terbentuk melalui konser perdanya di Taman Ismail Marzuki, Jakarta pada tanggal 5 Mei 1973 silam. Dalam rangka menyambut tahun emas tersebut, kini God Bless tengah menyiapkan sejumlah agenda, dimulai tahun ini, peluncuran buku biografi, film dokumenter hingga konser akbar 50 Tahun God Bless yang akan berlangsung 2023.

“Semoga segalanya berjalan lancar. Kami dari God Bless siap lahir batin menjalankanseluruh rencana,” kata Achmad Albar.

Single “Semesta” akan mulai dirilis secara digital pada tanggal 16 Desember 2022, dan dapat dinikmati di seluruh Digital Streaming Platform, seperti Spotify, Apple Music, Joox, Deezer, dan lainnya. Sementara FMA “Semesta” dapat dimiliki para di tanggal yang sama mulai pukul 20.00 WIB.

(Liputan6.com)

 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.