ADSENSE

» » Lionel Messi Raih Gelar Pemain Terbaik , Argentina Juara Piala Dunia 2022

Lionel Messi melakukan selebrasi setelah mencetak gol pertama Argentina melalui eksekusi penalti ke gawang Timnas Prancis dalam laga final Piala Dunia 2022 di Lusail Stadium, Lusail, Qatar, Minggu (18/12/2022) malam WIB.


 

Krakatauradio.com, Jakarta - Kapten Timnas Argentina Lionel Messi berhak menyabet penghargaan Golden Ball Award berkat keberhasilannya mengukuhkan posisi sebagai pemain terbaik sepanjang perhelatan Piala Dunia 2022.

La Pulga memang memainkan peran penting bagi negaranya di ajang sepak bola terakbar empat tahunan ini. Penggawa berusia 35 tahun itu menjadi motor serangan yang mengantar Tim Tango keluar sebagai juara Piala Dunia 2022.

Messi tercatat telah menyumbangkan tujuh gol bagi pasukan Lionel Scaloni sejak awal pelaksanaan FIFA World Cup edisi ini, dengan dua di antaranya tecipta di babak final kontra Prancis, Minggu (18/12/2022) waktu setempat.

Adapun gol pertama La Pulga di Piala Dunia 2022 dilesakkan melalui titik putih kala Argentina berhadapan dengan Arab Saudi di laga pembuka Grup C.

Mantan bintang Barcelona kembali mencatatkan namanya di papan skor dalam pertandingan kedua kontra Meksiko. Ia sempat absen menjadi penyumbang angka bagi La Albiceleste saat negaranya berjaya 2–0 atas Polandia.

Walau begitu, La Pulga berhasil balik unjuk ketajaman dengan melesakkan masing-masing satu gol di pertandingan melawan Australia (16 besar), Belanda (perempat final), dan Kroasia (semifinal), serta brace di duel sengit dengan Prancis.

Tak hanya menjadi pencetak gol terbanyak bagi negaranya, Messi pun cukup lihai menyumbang assist untuk rekan-rekannya. Bintang PSG itu diketahui telah mengoleksi tiga assist sepanjang Piala Dunia 2022, melebihi torehan yang dimiliki rivalnya di final Kylian Mbappe.

Dengan deretan kontribusi mentereng tersebut, tak heran jika Messi dianugerahi penghargaan Golden Ball Award FIFA World Cup 2022. Ia kini tercatat sebagai satu-satunya pemain yang memenangi Golden Ball Piala Dunia sebanyak dua kali (2014 dan 2022) sejak penghargaan ini diberikan pada 1982.

 

Penghargaan Lain

Lionel Messi bukanlah satu-satunya bintang Timnas Argentina yang menyabet gelar individual di partai puncak Piala Dunia 2022. Enzo Fernandez juga diganjar predikat pemain muda terbaik, sementara Emiliano Martinez berhak atas Golden Glove Award.

Tak dapat dimungkiri, Martinez juga menjadi sosok krusial di balik keberhasilan Argentina menyabet gelar juara FIFA World Cup edisi ini. Kiprah gemilang penjaga gawang Aston Villa itu terlihat saat Argentina dipaksa beradu penalti dengan Prancis di babak final.

Martinez sanggup menggagalkan aksi Kingsley Coman yang menjadi algojo kedua Les Bleus. Setelahnya, eksekusi Aurelien Tchouameni juga meleset, sehingga Tim Tango berhasil mengungguli lawannya dengan 4–2.

Skenario serupa juga sempat terjadi kala La Albiceleste terlibat drama adu penalti dengan Belanda di perempat final. Keberhasilannya menepis tendangan Virgil van Dijk dan Steven Berghuis memberi hadiah tiket semifinal buat Argentina.

 

Daftar Penghargaan

Berikut adalah daftar lengkap peraih penghargaan individual di Piala Dunia 2022:

FIFA Young Player Award: Enzo Fernandez (Argentina)

Golden Glove Award: Emiliano Martinez (Argentina)

Golden Boot Award: Kylian Mbappe (Prancis)

Golden Ball Award: Lionel Messi (Argentina)

 

About 93,7 Krakatau Radio

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply