ADSENSE

» » Tak Perlu ke Asia Timur, Wisata di Pandeglang Ini Tawarkan Keunikan Budaya Mongolia

Tak Perlu ke Asia Timur, Wisata di Pandeglang Ini Tawarkan Keunikan Budaya Mongolia
Wisata Ala Negara Mongolia di Banten. ©2022 Dokumentasi Mongolia Culture Center

 

KRAKATAURADIO.COM - Provinsi Banten tak henti-hentinya menghadirkan berbagai destinasi yang menarik sebagai referensi berlibur saat akhir pekan. Salah satu tempat yang kini tengah menjadi daya tarik baru para wisatawan adalah Mongolia Cultural Center, di Pandeglang.

Di lokasi ini, para pengunjung seakan diajak menjelajah ke negara di Asia Timur itu dengan berbagai budaya khasnya. Ragam pernak-pernik seperti rumah tenda hingga pakaian ala raja menjadi fasilitas yang dihadirkan oleh pengelola.

Menariknya, sebagian besar benda yang dihadirkan diboyong langsung dari negara berjuluk “Langit Biru” itu. Penasaran dengan suasananya? Berikut ulasan tentang wisata yang terletak di KEK Tanjung Lesung, Banten tersebut.

 

Dirancang Warga Asli Mongolia

wisata ala negara mongolia di banten

Sebagai tempat wisata edukasi, Mongolia Cultural Center dibuat dengan sangat autentik. Saat memasuki area, pengunjung langsung disambut oleh patung Genghis Khan (Jenghis Khan) yang tengah menaiki seekor kuda.

Melansir dari kanal YouTube SCTV Banten, lokasi tersebut diketahui dirancang oleh arsitek asal Mongolia, dan pemodelannya dibuat oleh Kedutaan Besar Mongolia untuk Indonesia. Hal itu demi menjaga orisinalitas dari destinasi yang dibangun di atas lahan seluas 1 hektare tersebut.

Kemudian, tenda besar sebagai tempat tinggal bangsa Mongol bernama GER juga dibawa langsung dari negara asalnya dan dibangun oleh warga Mongol.

“Lokasi di sini memang di-setting asli oleh arsitek asal Mongolia, tendanya juga dibawa utuh satu gini dari sana,” kata petugas Mongolia Culture Center, Dedi Rachmat, dilansir Rabu (8/6).

 

Menyewa Pakaian Raja Mongolia

wisata ala negara mongolia di banten

 

Selain menarik untuk dikunjungi, lokasi tersebut juga sangat cocok untuk diabadikan di media sosial lantaran memiliki nuansa yang sangat mirip dengan negara aslinya.

Di sini, pengunjung bisa menyewa pakaian ala Raja dan Ratu dari Kekaisaran Mongolia yang dibuat sangat mirip seperti yang dikenakan para petinggi negara tersebut di masa lalu.

Untuk kostum raja Mongolia, biaya sewanya sebesar Rp50 ribu. Sedangkan pakaian ratu, biaya sewanya sebesar Rp100 ribu.


Tersedia Voucer dan Tiket Sebesar Rp10 Ribu

Untuk tiket, wisatawan yang menginap di hotel bisa mendapatkan dalam bentuk voucer yang disediakan pengelola. Sedangkan bagi pengunjung, bisa mendapatkan tiket masuk sebesar Rp10 ribu.

“Untuk wisatawan, kita ada voucer dari hotel untuk yang menginap. Dan untuk yang di luar itu, kita punya tiket seharga Rp10 ribu” lanjut Dedi.

Selain dapat merasakan sensasi bermukim di dalam GER, di sini pengunjung juga bisa menikmati dan mempelajari kebudayaan unik Mongol. Mulai dari berkuda, memanah, bermain ankle bones games, hingga mencicipi kuliner autentik.

Kini destinasi tersebut juga telah menjadi salah satu tempat yang ikonik di Pandeglang, Banten. Hal itu terlihat dari banyaknya kunjungan wisatawan baik luar kota, maupun luar negeri. (MERDEKA.COM)

 

About 93,7 Krakatau Radio

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply