Refleksi HPN, Porwan Pandeglang Nyalakan Lilin Simbol Penerangan

Kelompol Kerja Wartawan (Porwan) Pandeglang menggelar refleksi Hari Pers Nasional (HPN) di Pancaniti Alun-alun Pandeglang, Kamis (09/02/2023) malam.

KRAKATAURADIO.COM, PANDEGLANG - Kelompok Kerja Wartawan (Porwan) Pandeglang menggelar refleksi Hari Pers Nasional (HPN) 2023 yang dipusatkan di Pancaniti Alun-alun Pandeglang, Kamis (09/02/2023) malam. Dalam acara ini para wartawan menyalakan lilin sebagai simbol penerangan atau edukasi kepada masyarakat.

 

Ketua Porwan Pandeglang, Tb. Agus Jamaludin mengatakan, dalam momentum HPN 2023, Porwan Pandeglang harus memiliki satu tujuan dan menjaga kekompakan bersama.

 

“Kita menyalakan lilin ini sebagai simbol memberikan penerangan kepada masyarakat dari setiap karya berita yang dibuat, sekaligus mendoakan para senior wartawan yang telah meninggal dunia,” kata pria yang juga sebagai wartawan TVRI ini.

 

Baca: Pemkab Sabet Penghargaan Tercepat Salurkan DAK Fisik dan Terbaik Pengelolaan Dana Desa

 

Baca: Pelaku Pembunuh Perempuan di Pandeglang Ditangkap Polisi, Ternyata Mantan Pacar

 

Ditempat sama, Dewan Penasehat Porwan Pandeglang, Mardiana menuturkan, bahwa sebagai seorang wartawan dalam menjalankan tugasnya harus bertanggungjawab dalam menyampaikan hasil karya sebuah berita yang dibuatnya.

 

“Berita yang dinaikan itu pasti ada yang baik dan tidak, setiap liputan bareng ada yang lengkap ada yang tidak lengkap jadi berita yang dibuat itu harus bertanggungjawab setiap resikonya,” ujarnya.

 

Pria yang juga sebagai wartawan satelitnews.com menambahkan, dengan adanya kebebasan pers bukan berarti wartawan dapat sebebasnya menulis sebuah berita. Akan tetapi, kata dia, perlu bertanggungjawab setiap karya jurnalistiknya tersebut.

 

“Kebebasan pers bukan berarti semau kita sebagai pers tapi tetap bertanggungjawab. Jadi penulis yang bertanggungjawab kalau berita itu mengarah pelanggaran pidana, tapi kalau masih koridor sengketa pers ada dewan pers yang bisa menyelesaikan,” paparnya. (Mudofar)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.