Jembatan Surianeun Ditutup Total Imbas Perbaikan Lantai Jembatan

Jembatan Surianeun yang menghubungkan Kecamatan Pagelaran dengan Kecamatan Patia, Kabupaten Pandeglang, ditutup total karena tengah ada perbaikan lantai jembatan, Selasa (07/03/2023).

KRAKATAURADIO.COM, PATIA - Jembatan Surianeun yang menghubungkan Kecamatan Pagelaran dengan Kecamatan Patia, di Desa Surianeun, Kecamatan Patia, saat ini ditutup total lantaran tengah diperbaiki. Perbaikan ini menyedot anggaran Rp 549.120.045.

 

Sekretaris Camat (Sekmat) Patia, Tatang Fauzi membenarkan, jembatan Surianeun saat ini ditutup total untuk kendaraan roda dua maupun roda empat. Penutupan ini mulai diberlakukan pada hari ini, Selasa (07/03).

 

Penutupan ini, kata dia, dilakukan untuk penggantian lantai jembatan yang memerlukan penanganan khusus karena kondisinya yang sudah memprihatinkan. Saat ini, masyarakat yang biasa menggunakan jembatan harus memutar ke jalur alternatif.

 

“Iya ditutup total. Lewat desa Rahayu kalau dari arah Patia, lewat Cikuya ke jembatan gantung. Kemudian dari arah Pagelaran juga lewat Cikuya ke desa Rahayu, desa Surianeun lewat jembatan gantung,” kata dia.

 

Ia menerangkan, sosialisasi terkait penutupan jembatan sudah disampaikan pihak pelaksana kepada masyarakat di Kecamatan Pagelaran dan Patia. Namun diakuinya, masih banyak pengendara yang harus putar balik karena belum mengetahui adanya penutupan jembatan.

 

“Sosialisasi sudah disampaikan juga di tempat pengajian ke para kepala desa sudah disampaikan bahwa ada penutupan jalan dan jembatan. Juga lewat plang, banner disampaikan juga oleh pihak perusahaan, tapi mungkin sosiaslisasi hanya seputaran di wilayah kecamatan Patia dan Pagelaran jadi yang akses dari luar mungkin kurang begitu tahu ya,” bebernya.

 

Berdasarkan informasi yang ia terima, penutupan jalan dan jembatan ini akan dilakukan selama kurang lebih satu bulan. Rencananya, pekerjaan tersebut akan rampung 5 hari sebelum Hari Raya Idul Fitri 1444 H.

 

“Jadi kemarin ngobrol dengan pihak perusahaannya, H-5 lebaran idul fitri itu baru bisa dibuka karena alasannya cornya itu kan tidak bisa dilalui selama 28 hari oleh kendaraan. Mungkin juga kalau sudah beberapa hari untuk pejalan kaki, mungkin bisa, untuk anak-anak sekolah tapi untuk kendaraan roda empat dan roda dua ya tidak bisa lewat,” papar dia.

 

Baca: Bus Peziarah Asal Pandeglang Terlibat Kecelakaan di Tegal, Warga Sudah Dipulangkan

 

Baca: HUT Partai ke-50, DPC PDI Perjuangan Pandeglang Gelar Festival Marhabaan 2023

 

Untuk diketahui, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) menyiapkan anggaran Rp 549.120.045 untuk memperbaiki lantai jembatan Surianeun yang merupakan akses penghubung antara Kecamatan Patia dengan Kecamatan Pagelaran. Saat ini pengerjaan lantai jembatan tengah diperbaiki dan akses jalan sementara ditutup.

 

Dikutip dari laman lpse.pandeglangkab.go.id, tender penggantian lantai jembatan Surianeun ini berkode 3247470 dengan nama paket penggantian lantai jembatan Surianeun.

 

Anggaran tersebut bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Pandeglang tahun 2023. Tender penggantian lantai jembatan Surianeun itu telah dimenangkan oleh CV Rio Putra. (Mudofar)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.