Antisipasi Lonjakan Pemudik, Relawan Terpadu Buka Posko Lebaran di Serang

Sejumlah relawan terpadu saat mengikuti apel siaga di posko lebaran, tepatnya di lapangan Bulog Kantor Cabang Serang, Jalan Raya Serang-Cilegon, Kelurahan Drangong, Kecamatan Taktakan, Kota Serang, Minggu (09/04/2023).

KRAKATAURADIO.COM, SERANG - Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 H, para relawan yang tergabung dalam Relawan Terpadu se Banten membuka posko mudik lebaran, di lapangan Bulog Kantor Cabang Serang, Jalan Raya Serang-Cilegon, Drangong, Taktakan, Kota Serang. Hal ini untuk mengantisipasi lonjakan pemudik dari pulau Jawa ke Sumatera.

 

Koordinator Posko Mudik Lebaran Relawan Terpadu, Lulu Jamaludin mengatakan, diprediksi ada 4,4 juta pemudik dari arah pulau Jawa ke pulau Sumatera. Kota Serang sendiri, lanjutnya, akan menjadi gerbang lintas para pemudik, sehingga para relawan berinisiasi membantu kelancaran dan melakukan pemeriksaaan kesehatan gratis bagi para pemudik dengan membuka Posko Mudik Lebaran yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas.

 

“Oleh karena itu untuk membantu pemudik khususnya kendaraan motor kami mendirikan posko mudik lebaran ini dengan menyiapkan pemeriksaan kesehatan gratis, toilet, parkir, tempat istrahat dan kopi gratis,” kata dia saat memimpin apel siaga, Minggu (09/04).

 

Ia menerangkan, posko mudik lebaran dibuka pada H-10 hingga H+7 Idul Fitri 1444 H. Dalam posko tersebut, disiapkan sejumlah unit ambulans dan obat-obatan.

 

“Kami juga terbuka jika ada lembaga atau organisasi, baik dari masyarakat atau relawan lainnya yang ingin bergabung atau bekerjasama di posko mudik lebaran,” ujarnya.

 

Untuk saat ini, sudah terdapat beberapa lembaga yang bergabung dalam posko Relawan Terpadu, diantaranya Fesbuk Banten News, Bulog Sub Divre Serang, Tim Sar Basarnas Banten, Vertical Rescue, Paguyuban Warga Pandeglang, Komunitas Pendaki Gunung Banten, Forum Me-Dan, Komunitas Banten Ceria, Komunitas Bahasa Jawa Serang, Himpunan Putera Puteri Angkatan Darat, Sedekah Terbuka, Siaga Bencana Persis Banten, Tagana Banten, Tim Reaksi Cepat Banten, ROSI Banten, Medical Volunteer, dan Program Keluarga Harapan Wilayah Banten.

 

Baca: Hari Nelayan 6 April, Ini Program yang Telah Dilakukan Diskan Pandeglang

 

Baca: Besok Ngabuburit Sambil Liat Konser, Opick Tombo Ati Siap Meriahkan Hari Jadi Pandeglang ke-149

 

Sementara anggota Himpunan Putra Putri Angkatan Darat (HIPAKAD), Heri Hardiansyah berharap masyarakat yang melakukan perjalanan mudik dapat terbantu dengan adanya posko ini.

 

“Harapan kami para pemudik bisa terbantu dengan adanya posko ini dan tentunya kami akan berusaha memberikan pelayanan terbaik bagi para pemudik,” ucap dia.

 

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Badan Kebijakan Transportasi (BKT) menyatakan, jumlah pergerakan masyarakat saat musim mudik Lebaran 2023 diprediksi mencapai 123,8 juta orang. Adapun puncak Lebaran tahun ini diprediksi terjadi pada Jumat, 21 April 2023.

 

Peningkatan perjalanan pada arus mudik diprediksi mulai meningkat sejak H-3 Lebaran (Rabu, 19 April 2023). Untuk puncak arus balik, diperkirakan terjadi pada H+2 (Selasa, 25 April 2023) dan diprediksi pergerakan yang masih cukup tinggi hingga H+3 (Rabu 26 April 2023). (Mudofar)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.