Hemat di Hari Lebaran

THR
Hemat di Hari Lebaran

 

KRAKATAURADIO.COM , PANDEGLANG - Kita sudah memasuki bulan puasa dan beberapa Hari lagi akan menghadapi LEBARAN.

Berikut ini adalah beberapa langkah mudah, yang bisa dilakukan untuk tetap hemat di hari lebaran nanti:

1. Alokasikan Dana Mudik dengan Tepat

Mudik mungkin sudah menjadi agenda tetap setiap tahunnya, di mana Kaka Teteh juga menganggarkan sejumlah dana untuk kebutuhan ini.

Pastikan Kaka Teteh tidak gegabah untuk menggunakan dana mudik ini untuk berbagai kebutuhan yang tidak penting.

Dana mudik bisa terbilang cukup besar, apalagi jika terbiasa mudik bersama dengan seluruh anggota keluarga. Alokasikan dana ini dengan cara yang tepat, sehingga bisa memberikan manfaat bagi keuangan di masa yang akan datang. 

Kaka Teteh bisa mengalokasikannya sebagai dana darurat, apalagi jika belum memiliki dana darurat dalam jumlah ideal. Selain itu, Kaka Teteh juga bisa menginvestasikan sebagian dana mudik tersebut dan menyimpan sebagian lainnya ke dalam tabungan. 

2. Memaksimalkan Penggunaan THR

Bagi yang bekerja, sudah jelas akan mendapatkan sejumlah THR dari perusahaan. Jangan terburu-buru untuk membelanjakan THR untuk berbagai kebutuhan yang tidak penting, meskipun ada pengeluaran lebaran yang bisa dihemat di dalam keuangan. 

Manfaatkan THR dengan cara yang tepat, lihatlah apa saja yang perlu dibenahi di dalam keuangan, misalnya membayar hutang dan cicilan lainnya. Kaka Teteh juga bisa mengalokasikan dana THR ini untuk berbagai kebutuhan penting lainnya, seperti: uang muka rumah, pelunasan kredit kendaraan, tabungan pensiun, investasi, dan yang lainnya.

3. Hindari Godaan Diskon

Belanja online sudah menjadi rutinitas tersendiri, termasuk menjelang lebaran nanti. Seperti tahun-tahun sebelumnya, Kaka Teteh akan berhadapan dengan berbagai penawaran dan diskon yang sangat menarik. 

Pastikan Kaka Teteh tidak mudah tergoda dengan semua ini, meskipun memiliki cukup banyak uang untuk belanja. Jika perlu, Kaka Teteh bisa mematikan notifikasi dari marketplace kesayangan atau bahkan menghapus berbagai aplikasi marketplace tersebut untuk sementara.

4. Tabung Anggaran Buka Puasa

Buka bersama sudah menjadi hal yang lazim dilakukan di bulan puasa dan pasti sudah memiliki anggaran khusus untuk aktivitas tersebut.

Dana buka puasa ini bisa saja cukup besar, apalagi jika biasanya Kaka Teteh sering melakukan acara berbuka puasa bersama teman maupun kerabat lainnya. Simpan dana buka puasa dan alokasikan ke dalam tabungan. Kelak Kaka Teteh bisa menggunakannya untuk berbagai kebutuhan yang lebih penting.

5. Tentukan dan Siapkan Anggaran Lebaran dalam Jumlah Tepat

Jangan lupa untuk membuat anggaran lebaran dengan tepat. Pastikan berbagai kebutuhan dan keluarga bisa terpenuhi dengan seimbang dan tetap dengan budget hemat. Siapkan dana untuk kebutuhan lebaran tahun ini dengan baik, agar kondisi keuangan tetap berjalan dengan lancar. Hal ini akan mempermudahmu mengontrol pengeluaran dan juga keuangan secara keseluruhan. 

6. Memangkas Dana THR yang Akan Dibagi-bagikan ke Saudara-saudara

Jika memang keuangan sedang dalam kondisi yang kurang sehat tapi ingin tetap berbagi saat Lebaran nanti, Kaka Teteh bisa memangkas biaya yang biasa dikeluarkan untuk membagikan THR 30-50 persen. Ini agar pengeluaran Lebaran tidak terlalu besar dan tetap bisa memfokuskan sisa biayanya untuk hal yang lebih penting dan prioritas. Berbagi memang baik, tapi jangan lupa untuk tetap menyesuaikannya dengan budget yang ada dan kondisi keuangan yang sedang dialami.

Nikmati Hari Lebaran dengan Hemat dan Hikmat

Lebaran akan segera tiba dan tentu ingin menyambutnya dengan persiapan yang matang. Lakukan penghematan di dalam keuangan dengan baik, agar sekeluarga tetap bisa menikmati momen lebaran dengan hemat dan hikmat di tahun ini. (cermati.com)

SEMOGA BERMANFAAT!!!

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.