Warga dan Pelaku Wisata Bersihkan Sampah di Sepanjang Jalan Pantai Carita

Kegiatan bersih-bersih sampah di sepanjang jalan di Desa Sukarame, Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang, Selasa (09/05/2023).

KRAKATAURADIO.COM, CARITA - Puluhan warga bersama Komunitas Peduli Pariwisata Carita (KPPC), Kabupaten Pandeglang, Banten, menggelar aksi membersihkan sampah di sepanjang jalan di kawasan wisata pantai Carita, Selasa (09/05/2023). Kegiatan ini rutin dilaksanakan bersama unsur pemerintah Desa Sukarame, Muspika Carita, beserta masyarakat setempat.

 

Ketua KPPC, Franky Supriadi mengatakan, kegiatan ini dilakukan di sepanjang pantai Carita, mulai dari pantai atau jalan yang bekerjasama dengan unsur kepolisian, TNI, Puskesmas dan pelaku wisata diantaranya Balawista, Karang Taruna, ketua RT dan masyarakat setempat.

 

“Melihat Carita banyak di kunjungi dari berbagai pelosok mulai dari Jabotabek dan sekitarnya, pelaku dan penggiat pariwisata kewalahan melihat sampah yang berserakan. Pada dasarnya mereka melakukan bersih-bersih di setiap objek wisatanya masing-masing, tapi apa daya kesadaran pengunjung dan masyarakat kurang empati terhadap bahaya sampah dan penyakit sampah,” kata dia.

 

Bersih-bersih ini, lanjutnya, merupakan program rutin Selasa Bersih. Selain itu, pembagian kantong sampah dan sosialisasi kebersihan dan kesehatan.

 

Ia menambahkan, kegiatan ini dilakukan secara berkala. Sebelumnya saat membersihkan sampah di kawasan pantai pada pekan lalu, pihaknya telah mengumpulkan sebanyak 600 kantong. Hari ini, sebanyak 200 kantong.

 

“Kurangnya sosialisasi dan kepedulian, membuat kami dan unsur yang lainnya tersentuh dan terenyuh. Makanya dari itu kami hadir memberikan penyuluhan dan pembagian kantong sampah,” ujarnya.

 

Baca: Ini Klarifikasi Bupati Pandeglang Terkait LHKPN yang Ramai Diperbincangkan

 

Baca: Pemohon Adminduk Membludak, Wakil Bupati Pandeglang Sidak Disdukcapil

 

Pihaknya berpesan kepada Pemerintah Daerah, agar bisa ikut andil dalam menyediakan sarana berupa TPS dan TPA serta sosialisasi dan koordinasi.

 

“Lebih dari 700 plastik sampah besar di bagikan. Carita bagian dari kabupaten Pandeglang dan Provinsi Banten dan Carita adalah ikon wisata,” tegasnya.

 

Sementara Kepala Desa Sukarame, Endang Tresnajaya mengatakan, gotong royong bersih-bersih sampah merupakan kegiatan rutin sebagai bentuk kepedulian terhadap kemajuan pariwisata.

 

“Ini masuk kegiatan rutinitas. Kita membersihkan sampah di sepanjang jalan kawasan pantai Carita, khususnya di Desa Sukarame,” ucap dia.

 

Ia berharap dengan bersih-bersih tersebut, kawasan pantai Carita menjadi bersih, indah dan nyaman, sehingga membuat betah wisatawan. (Mudofar)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.