Waspada Bahaya Brain Hacking melalui Disinformasi

sumber: hi-news.ru
Brain Hacking adalah dimana otak manusia tersugesti dengan sebuah objek yang mempunyai positioning yang kuat

 

Krakatauradio.com, Jakarta - Di era internet dan teknologi, banyak orang telah mengakses internet sehari-hari. Tidak heran karena internet terfasilitasi dengan fitur, media, dan konten yang memenuhi kebutuhan manusia.

Namun, jangan sampai terlena dengan kenyamanan yang diberikan internet karena tidak semua hal yang ada itu positif. Salah satu hal yang perlu diwaspadai adalah narasi atau cerita yang mungkin mengandung hoaks, misinformasi, dan disinformasi. 

Melansir dari themayor.eu, cerita mampu menarik perhatian dan menimbulkan respons emosional seseorang. Hal ini membuktikan bahwa otak manusia rentan dimanipulasi. Terlebih di era media sosial dan komunikasi saat ini hoaks sering kali ditemukan.

Tidak hanya  hoaks, disinformasi yang dibuat dan disebarkan untuk memanipulasi kepercayaan, perilaku, dan identitas seseorang juga menjadi masalah.

Fenomena disinformasi dapat disebut dengan brain hacking yang melibatkan eksploitasi kelemahan otak dan psikologi manusia untuk mempengaruhi persepsi dan keputusan.

 

Menyasar Kerentanan Seseorang

Istilah brain hacking berasal dari ilmu komputer yang digunakan untuk menggambarkan proses eksploitasi kerentanan (hacking) dalam sistem komputer. Seiring perkembangan jaman, istilah ini mulai digunakan untuk menggambarkan penggunaan teknologi dan metode lain untuk memanipulasi sikap dan kognisi manusia salah satunya yaitu brain hacking.

Tak seperti hacking pada komputer, brain hacking bekerja ketika kita mendengar cerita yang menyentuh ketakutan atau keinginan seseorang. Ini dapat mengaktifkan emosi dan mengesampingkan pemikiran rasional.

Brain hacking kerap menimbulkan kekhawatiran terkait privasi, persetujuan, dan manipulasi terhadap individu dan kelompok. Terlebih brain hacking dengan disinformasi yang direncanakan oknum untuk memenuhi kepentingan agenda kelompoknya. 

Lebih lanjut, brain hacking dengan disinformasi sangat berbahaya karena menyerang kerentanan seseorang dan mengeksploitasi bias kognitif, sehingga membuat seseorang kesulitan untuk membedakan fakta dan fiksi. (Liputan6.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.