» » Gedung Eks Kwadanaan Labuan Tidak Terawat

Labuan - Gedung Eks Kwadanaan Labuan yang ada di Kampung Sawah, Desa Labuan, Kecamatan Labuan, kondisinya menghawatirkan. Kwadanaan yang dibangun pada Jaman Hindia Belanda tersebut nyaris ambruk karena memang tidak dirawat baik oleh Pemerintah.

Warga setempat, Akbar mengatakan, Gedung eks Kwadanaan tersebut selain memang sudah tidak dirawat sekarang didalamnya banyak dipenuhi sampah – sampah yang berserakan buangan daripada Pedagang Kaki Lima (PKL) yang juga sering berjualan di lokasi tersebut.

“Saat ini kondisi eks Kwadanaan Labuan sangat memprihatinkan. Selain tidak dirawat, juga banyaknya sampah yang ada didalam gedung. Belum lagi keberadaan PKL disana yang dibiarkan,” katanya.

Warga lainnya, Budi menyesalkan kondisi Kwadaan yang dulunya menjadi pusat Pemerintahan tersebut yang tidak dilakukan perawatan oleh Pemerintah. Apalagi, masyarakat di sekitar Labuan banyak yang menginginkan Daerah Otonomi Baru (DOB) Caringin terbentuk.

“Saya sangat menyesalkan kondisi tersebut. Padahal gedung ini mempunyai sejarah. Kepada pihak terkait agar segera lah merehab supaya keliatan lebih tertata rapi,” ucapnya.

Sementara itu, Camat Labuan, Agus Riyanto mengatakan, memang Gedung Eks Kwadanaan Labuan tersebut sudah lama tidak dilakukan perawatan oleh Pemerintah. Menurutnya sebagai situs bersejarah, seharusnya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Pandeglang dapat melakukan perawatan bangunan bersejarah tersebut.

“Saya sangat menyayangkan bangunan bersejarah ini tidak dirawat, padahal kan penting sebagai salah satu bangunan peninggalan di Kecamatan Labuan. Untuk itu, kepada Disbudpar harus melindungi cagar budaya peninggalan bersejarah tersebut,” katanya. (Mudofar/937)

About Krakatau Radio 93.7 FM

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply