» » Disparpora Siap Gelar Festival Kaulinan Barudak Lembur

Permainan tradisional gatrik yang saat ini sudah jarang ditemukan
Pandeglang - Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Pandeglang, berencana menggelar festival kaulinan Barudak Lembur pada 26 Maret 2015 mendatang di Halaman Makodim 0601 Pandeglang. 

Kepala Seksi (Kasi) Promosi Pariwisata pada Disparpora Kabupaten Pandeglang, Imron Mulyana mengatakan, Pandeglang memiliki banyak seni dan tradisi salah satunya permainan orang kampong (kaulinan Barudak Lembur). Menurutnya, Kaulinan Barudak Lembur ini diyakini memiliki berbagai makna dan tujuan positif sehingga harus terus dipertahankan. 

"Festival ini untuk melestarikan seni dan tradisi permainan anak kecil yang ada di Pandeglang yang saat ini sudah sulit ditemukan, dengan tujuan agar diingat kembali dan dapat terus dimainkan oleh masyarakat, khususnya anak-anak di Pandeglang," ungkapnya.

Sementara, untuk event yang akan digelar, pria yang akrab disapa Iim ini menjelaskan, berdasarkan data yang dirilis bagian Promosi Wisata Disparpora, ada delapan jenis kaulinan budak lembur yang akan dilombakan, diantaranya jajangkungan, panggal, babatokan, gagandongan, dampuh/tejeh, pande ceceletokan, engklek/dingklong, dan gatrik. 

Turnamen ini dibatasi untuk 16 tim dengan peserta kelas 4 dan 5 SD dimana setiap sekolah dapat mengirim 15 orang yang terdiri dari 7 orang pada kategori lomba estafet dan sisanya non estafet. 

Jenis permainan non estafet yang akan dilombakan adalah gobag. Jenis permainan ini dilakukan oleh satu tim berjumlah 4 orang melawan tim lainnya dengan sistem gugur. 

“Dalam gobag setiap pertandingan dilakukan sebanyak tiga set. Tim yang lebih dulu dapat poin dalam 2 set maka akan ditetapkan sebagai pemenang. Jalannya lomba juga akan diawasi wasit untuk mengatur jalannnya lomba agar sesuai dengan aturan yang dilombakan,” terangnya. 

Iim menambahkan, setiap peserta wajib mengenakan pakaian tradisional yakni pangsi hitam untuk laki-laki dan kebaya plus kain untuk peserta perempuan tanpa aksesoris apapun. 

“Untuk lebih jelasnya, teknis lomba dan aturannya peserta atau pendamping bisa datang langsung ke Disparpora,” tambahnya. (Mudofar/937)

About 93.7 Krakatau Radio

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply