» » Pandeglang Siap Gelar Pilkades Serentak



KRAKATAURADIO.COM, PANDEGLANG - Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, siap menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 206 desa dari 35 kecamatan. Hal ini ditandai dengan telah berlangsungnya tahapan kampanye terbuka yang dimulai sejak Senin (08/06) dan berakhir di hari Rabu (10/06) pukul 24.00 WIB.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD), Kabupaten Pandeglang, Tatang Efendi mengatakan, pelaksanaan Pilkades serentak di tahun 2015, diikuti 206 desa dari 35 kecamatan.

Menurutnya, Pilkades diharapkan dapat menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang memadai bagi kepala desa dan aparatur desa. Selain itu pula untuk mengoptimalkan kembali peran Badan Usaha Milik Desa (BUMD).

“Kepada calon Kepala Desa (Kades), tentunya harus lebih pro terhadap masyarakatnya. Jadi jangan sampai masyarakat yang jadi korban,” terangnya.

Adapun untuk pelaksanaan, lanjut Tatang, masih menggunakan TPS Pilkades seperti dulu. Tatang menjelaskan, di setiap desa terdapat satu TPS. Hal itu mengacu pada UUD Desa No 6 tahun 2014.

“Tentang sistem Pilkades menggunakan sistem Tempat Pemungutan Suara (TPS) sama dengan pemilihan umum KPU disetiap Desa. Untuk nilai anggaran karena sudah ada di UUD tentang Desa yang berlaku. Untuk anggaran sekira Rp 30 jutaan lah,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Forum Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Kabupaten Pandeglang, Raki Jubaedi mengatakan, proses tahapan kampanye terbuka tidak menemui kendala berarti.

Menurutnya, sejak awal mula masa kampanye sampai dengan hari terakhir (Rabu-red), tidak ditemukan pelanggaran dan bentrokan antar pendukung. “Alhamdulillah tidak ada kendala berarti. Kemarin saya sudah cek di Menes, Saketi dan beberapa Kecamatan lainnya, pelaksanaan kampanye relatif kondusif. Antusias masyarakat juga sangat tinggi,” ujarnya saat talkshow di babak Ngopi, Rabu (10/06).

Raki menghimbau, agar dalam pelaksanaan Pilkades yang akan berlangsung Minggu (14/06/2015) nanti, masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya dan memilih calon pemimpin yang dapat memajukan Desa serta mensejahterakan masyarakat.

“Nanti hari minggu datang ke TPS masing-masing, ajak keluarganya yang sudah mempunyai hak pilih dan pilihlah calon pemimpin yang amanah dan bisa memajukan desanya,” ungkapnya. (Mudofar)

About 93.7 Krakatau Radio

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply